Skip to main content
  • English
  • Indonesia

6 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata yang Tepat

6 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata yang Tepat

Kerutan yang terdapat di bawah mata memang tidak membahayakan, namun hal itu bisa menjadi tanda seseorang mengalami penuaan dini. Apabila hal itu terjadi, mungkin akan mengurangi rasa percaya diri kamu. Untuk mencegah atau mengatasinya, yuk simak cara menghilangkan atau memudarkan kerutan di bawah mata di artikel ini!

Penyebab Muncul Kerutan di Bawah Mata

Sebelum mengenali cara memudarkan kerutan di bawah mata, kamu perlu tahu penyebab utama terjadi kerutan. Berikut ini beberapa faktor penyebab adanya kerutan di area bawah mata:

1. Usia Seseorang

Bertambahnya usia seseorang bisa menyebabkan elastisitas kulit dan kelembapan kulit berkurang secara alami. Hal tersebut bisa terjadi akibat produksi minyak alami dan lemak di lapisan kulit berkurang sehingga sekitar mata tampak keriput, kering, kendur hingga timbul garis-garis halus di bawah mata.

2. Sering Menggerakan Otot Wajah

Terlalu sering menunjukkan ekspresi wajah secara berlebihan seperti menyipitkan mata bisa berisiko menimbulkan garis-garis halus atau kerutan di area bawah mata. Ketika otot wajah kamu bergerak, maka lekukan di bawah permukaan kulit wajah akan mengalami lekukan. 

3. Kebiasan Merokok

Memiliki kebiasaan merokok bisa menyebabkan proses penuaan menjadi lebih cepat dibandingkan biasanya. Hal tersebut terjadi akibat adanya zat beracun di rokok yang bisa merusak elastisitas kulit secara langsung dan mengurangi suplai darah menuju kulit.

4. Paparan Sinar Matahari

Terlalu sering berada di bawah sinar matahari, terutama tanpa perlindungan yang cukup bisa memecah jaringan ikat di kulit seperti serat elastin dan kolagen. Padahal tanpa ada kedua jaringan tersebut, kulit kehilangan elastisitas sehingga memicu muncul kerutan di bawah mata.

Cara Memudarkan Kerutan di Area Bawah Mata

Setelah mengetahui penyebab terjadi kerutan di bawah mata, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kerutan halus di area mata:

1. Penggunaan Retinoid

Bahan aktif satu ini telah dipercaya bisa mengurangi kerutan halus di bawah mata. Selain itu, penggunaan retinoid juga bisa memudarkan flek hitam dan meratakan tekstur kulit yang kasar. 

Meski begitu, dibutuhkan beberapa minggu hingga bulan pemakaian sampai hasilnya bisa terlihat. Perlu kamu ketahui juga, penggunaan retinoid memiliki beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Misalnya kemerahan, kering, gatal, hingga sensasi kulit seperti terbakar atau perih. 

Untuk itu, saat menggunakan bahan aktif ini pastikan kamu mengoleskan tabir surya saat pagi atau siang hari sebelum terpapar sinar matahari. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah iritasi akibat paparan sinar UV. 

2. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Menjalani pola hidup sehat juga memainkan peranan penting untuk memudarkan atau mencegah kerutan di bawah mata. Beberapa cara untuk menjalani pola hidup sehat di antaranya, yaitu menjauhi alkohol dan rokok, tidur teratur, olahraga, dan konsumsi makanan kaya akan nutrisi.

3. Gunakan Sunscreen

Pemakaian sunscreen tidak hanya mencegah iritasi setelah pemakaian retinoid, tapi juga dapat mencegah efek negatif sinar UV seperti kerutan di bawah mata. 

Ketika menggunakan sunscreen, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat pagi atau siang hari sebelum kamu beraktivitas. Kemudian, oleskan kembali sunscreen setiap 3-4 jam sekali untuk mendapatkan perlindungan secara maksimal.

4. Oleskan Eye Cream

Rutin mengoleskan krim mata bisa membantu memudarkan tanda-tanda penuaan dini termasuk garis halus atau kerutan. Jika kamu tertarik menggunakan krim mata, coba cari produk eye cream yang mengandung bahan aktif seperti retinol, peptide, vitamin C, hyaluronic acid, dan niacinamide. 

Kandungan tersebut tidak hanya memudarkan garis halus, tapi juga mampu meningkatkan elastisitas kulit, memberikan kelembapan, hingga menjadikan kulit terasa lebih kencang. 

Selain mengoleskan krim mata, kamu juga perlu mengoleskan pelembap wajah sebelumnya untuk memberikan hidrasi dan kelembapan pada wajah. Salah satu pelembap wajah yang aman dan mampu memberikan kelembapan selama 24 jam adalah HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream.

Pelembap dari ekstrak sarang burung walet ini dilengkapi dengan kandungan pelembap seperti glycerin dan hyaluronic acid. Selain itu pelembap ini juga mengandung rice bran extract dan niacinamide yang dapat mencerahkan kulit wajah.  

5. Tidur yang Cukup

Kebiasaan begadang atau susah tidur akibat insomnia yang terjadi terus-menerus bisa menyebabkan kerutan di area bawah mata. Untuk mencegah hal itu, kamu membutuhkan waktu tidur yang cukup setiap hari. 

Pasalnya, ketika tubuh kamu istirahat di malam hari, maka kulit akan mengalami proses regenerasi. Untuk itu, tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting. Sebaiknya kamu punya waktu untuk tidur selama delapan jam setiap hari. Dengan begitu, masalah kerutan di bawah mata bisa berkurang.

6. Melakukan Eksfoliasi

Cara selanjutnya yang bisa membantu memudarkan kerutan di area bawah mata adalah melakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Proses satu ini bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus membantu mendorong pertumbuhan sel baru, termasuk di area bawah mata. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memudarkan kerutan di area bawah mata. Apabila cara di atas belum cukup mengatasi masalah kerutan kamu, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penangan medis yang tepat. Misalnya dengan melakukan botox, laser, dan lainnya.

Baca Juga: