Skip to main content
  • English
  • Indonesia

10 Cara Menghilangkan Komedo yang Mudah, Aman, dan Tepat Dilakukan

10 Cara Menghilangkan Komedo yang Mudah, Aman, dan Tepat Dilakukan

Penyumbatan yang terjadi pada folikel rambut atau pori-pori dan membentuk benjolan kecil di pori-pori kulit dapat menyebabkan komedo di wajah. Komedo ini berasal dari penumpukan bakteri, sel kulit mati, hingga minyak yang jika dibiarkan bisa berkembang dan membentuk jerawat. Untuk mencegah hal itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak pembahasan lengkap mengenai cara menghilangkan komedo di artikel ini!

Kenali Perbedaan Komedo Tertutup (Whitehead) dan Komedo Terbuka (Blackhead)

Sebelum melakukan cara untuk mengatasi komedo di wajah, kamu perlu mengetahui jenis komedo yang ada. Komedo sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu whitehead (komedo tertutup) dan blackhead (komedo terbuka). 

Untuk komedo tertutup (whitehead) terjadi ketika minyak, bakteri, dan sel kulit mati menyumbat pada pori-pori kulit yang tertutup, kemudian berwarna terang karena tidak terjadi oksidasi atau paparan udara. Sedangkan komedo tertutup (blackhead) terjadi karena minyak hingga sel kulit mati menyumbat pori-pori dan terpapar udara sehingga mengalami perubahan warna menjadi gelap. 

Apabila kedua jenis komedo ini tidak diatasi atau dicegah dengan baik, tentu bisa menyebabkan pertumbuhan jerawat dan peradangan di kulit.

Tips Menghilangkan Komedo Penyebab Jerawat yang Aman

Berikut ini cara mudah dan aman untuk menghilangkan sekaligus mencegah komedo yang perlu kamu ketahui:

1. Rutin Bersihkan Wajah

Cara paling mudah yang perlu kamu lakukan adalah membersihkan wajah secara rutin setiap hari sebanyak dua kali, yaitu pada pagi dan malam hari. Membersihkan wajah dapat membantu mengangkat sisa kotoran, debu, minyak, hingga riasan yang dapat memicu pori-pori menyumbat.  

Walau membersihkan wajah sangat penting, namun pastikan kamu melakukannya dengan tepat. Misalnya, memilih sabun pembersih wajah yang lembut untuk kulit sehingga mencegah iritasi. Selain itu, carilah sabun cuci muka yang memiliki pH seimbang dengan kulit. 

Jika kamu mencari produk pembersih wajah yang gentle sekaligus melembapkan kulit, kamu bisa mencoba HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser. Pembersih ini bisa membersihkan kulit wajah tanpa menyebabkan kulit terasa ketarik sekaligus memberikan kelembapan setelahnya. 

2. Lakukan Eksfoliasi

Melakukan pengelupasan kulit (eksfoliasi) dapat membantu menghilangkan komedo di wajah akibat penumpukan sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengeksfoliasi kulit, yaitu secara chemical (kimiawi) dan physical (fisik). 

Eksfoliasi secara fisik bisa dilakukan menggunakan scrub, namun untuk pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak melakukan cara ini. Selain physical exfoliation, kamu bisa melakukan chemical exfoliation yang dilakukan menggunakan bahan-bahan kimia seperti AHA, BHA, atau PHA. 

Walau eksfoliasi bisa membantu mengangkat sel kulit mati penyebab komedo di kulit, tapi sebaiknya kamu melakukan cara ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Kemudian, gunakan pelembap wajah setelah melakukannya untuk mencegah iritasi yang mungkin terjadi. 

3. Melakukan Terapi Uap

Cara menghilangkan komedo selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah terapi uap. Dengan melakukan terapi uap maka pori-pori di wajah bisa terbuka. Kemudian kotoran yang ada di pori-pori lebih mudah untuk dibersihkan. 

Untuk melakukan cara ini, kamu cukup siapkan baskom berisi rebusan air mendidih, setelah itu tundukkan kepala di atas permukaan baskom sampai uap menyentuh wajah. Kemudian diamkan selama 5-10 menit. Agar mendapatkan hasil yang efektif, kamu bisa lakukan terapi uap sebanyak dua kali dalam seminggu

4. Gunakan Clay Mask

Punya kulit wajah yang gampang berminyak dan muncul komedo? Kamu bisa mencoba menggunakan masker wajah menggunakan clay mask. Jenis masker satu ini mengandung bahan sulfur yang dapat membantu proses regenerasi sel kulit mati yang bisa membentuk komedo. 

Sebelum melakukan masker wajah, pastikan kamu membersihkan wajah dengan teknik double cleansing. Setelah itu, oleskan clay mask di sekitar wajah. Kemudian diamkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air hangat.

5. Gunakan Skincare Non-comedogenic

Kandungan tertentu pada skincare dapat menyebabkan penyumbatan di pori-pori wajah. Beberapa kandungan produk yang bisa mengakibatkan penumpukan pada pori-pori wajah adalah wax, butter, dan oil. Sebaiknya, kamu hindari penggunaan produk yang mengandung bahan-bahan tersebut untuk mencegah masalah komedo di wajah.


Selain menghindari kandungan tersebut, kamu juga bisa mencari produk yang memiliki label non-comedogenic seperti produk-produk Skindoze. Produk skincare dari Skindoze telah diformulasikan tidak menyumbat komedo atau non-comedogenic.

6. Pakai Pore Pack

Penggunaan pore pack (kertas pengangkat komedo) dapat menjadi salah satu cara untuk mengangkat atau menghilangkan komedo di hidung. Pasalnya, cara ini cukup cepat dan praktis. Selain itu, penggunaan pore pack juga cukup mudah untuk dilakukan. 

Cukup basahi area yang akan dipasang pore pack menggunakan air hangat. Setelah itu, rekatkan pore pack di area hidung selama 10-15 menit. Setelah kering, tarik pore pack secara perlahan dan komedo pun terangkat. 

7. Gunakan Tabir Surya

Penggunaan sunscreen (tabir surya) dapat membantu melindungi kulit wajah termasuk mencegah sensitivitas kulit terhadap sinar UV. Apalagi jika kamu sedang melakukan pengobatan untuk mengatasi jerawat atau komedo. 

Saat menggunakan sunscreen, carilah tabir surya yang mengandung minimal SPF 30 untuk memberikan perlindungan pada kulit secara maksimal. Selain itu, pastikan kamu rutin mengoleskan kembali sunscreen setiap 4 jam sekali.

8. Gunakan Krim untuk Mengatasi Komedo

Untuk mencegah pertumbuhan komedo, kamu juga bisa menggunakan produk krim atau pelembap berbentuk gel yang mengandung beberapa bahan berikut:

  • Asam azelaic untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan membunuh bakteri.
  • Retinoid untuk mencegah pori-pori tersumbat sekaligus mengangkat sel kulit mati. 
  • Benzoil perokside untuk mencegah peradangan sekaligus membunuh bakteri.

9. Mengeringkan Kulit Jika Berkeringat

Ketika kulit berkeringat di sekitar hidung atau wajah, sebaiknya segera keringkan menggunakan tisu atau kain yang lembut. Pasalnya keringat dapat menjadikan debu dan bakteri lebih mudah menempel di kulit sekaligus menyumbat pori-pori di wajah. 

10. Meminimalisir Risiko Penyebab Komedo

Komedo dapat terjadi akibat minyak, bakteri, hingga debu yang menyumbat di pori-pori wajah. Untuk itu, kamu bisa meminimalisir hal-hal yang dapat memicu timbulnya komedo, misalnya menjauhi asap rokok, hindari kebiasaan menyentuh wajah, hingga rutin membersihkan wajah menggunakan sabun dan air. 

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membantu menghilangkan dan mencegah munculnya komedo di wajah. Apabila cara di atas tidak bisa membantu mengatasi komedo, sebaiknya kamu konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: