Skip to main content
  • English
  • Indonesia

4 Manfaat Hyaluronic Acid yang Penting untuk Kulit Wajah

4 Manfaat Hyaluronic Acid yang Penting untuk Kulit Wajah

Hyaluronic acid menjadi bahan aktif yang paling sering digunakan dalam produk skincare untuk melembapkan kulit wajah. Selain melembapkan kulit, kandungan ini juga memiliki manfaat lainnya. Yuk kenali lebih lanjut mengenai hyaluronic acid dan kegunaanya untuk kulit wajah di artikel ini!

Apa itu Hyaluronic Acid?

Hyaluronic acid (asam hialuronat) adalah senyawa yang paling sering ditemukan ada di lapisan kulit hingga jaringan ikat persendian. Fungsi hyaluronic acid adalah membantu menahan air di kulit dan jaringan ikat. Hyaluronic memiliki kemampuan menahan air hingga ribuan kali lebih dari berat aslinya. 

Baca Juga: 8 Manfaat Niacinamide Selain Mencerahkan Kulit Wajah yang Perlu Diketahui

Hal tersebut terjadi agar air dapat bertahan dan tidak menguap ke luar tubuh. Air sendiri menjadi pelumas alami yang dapat menjadikan jaringan tubuh terasa lembap, melindungi dari kerusakan, dan dapat menjalankan fungsinya dengan baik. 

Sama seperti kolagen, produksi hyaluronic acid dapat berkurang dengan bertambahnya usia seseorang. Oleh karena itu, menambah kandungan ini dalam bentuk suplemen atau skincare sangat dibutuhkan tubuh agar kulit tetap sehat, lembap, dan terhidrasi.

1. Melembapkan kulit 

Salah satu manfaat umum hyaluronic acid adalah memberikan kelembapan pada kulit wajah karena kandungan ini memiliki kemampuan mengikat air. Dengan begitu, sel dalam lapisan kulit akan terhidrasi dan menarik air dari permukaan kulit. 

Kulit yang mendapatkan kelembapan yang cukup akan terasa lebih kenyal dan berkilau. Namun, apabila kulit tidak mendapatkan kelembapan yang cukup hal tersebut dapat menyebabkan kulit terasa kering.

Baca Juga: Moisturizer Hacks untuk Dapatkan Hasil Complexion Lebih Dewy

Jika kulit kering dan tidak mendapatkan hidrasi yang cukup hal ini bisa memicu produksi minyak berlebih yang dapat menimbulkan masalah baru, yaitu jerawat. Untuk itu, menjaga kelembapan kulit wajah sangatlah penting.

2. Mengurangi tanda penuaan

Selain memberikan kelembapan pada kulit wajah, hyaluronic acid juga berguna untuk mengurangi atau memperlambat munculnya kerutan di wajah. Berdasarkan Journal of Cosmetic Dermatology, produk yang mengandung hyaluronic acid dapat mengurangi kerutan di area sekitar mata sekaligus mengencangkan kulit kendur setelah melakukan perawatan secara rutin selama 30 hari. 

Hyaluronic acid juga dapat mengisi ruang kosong antarsel karena kulit kekurangan kolagen. Dengan begitu, kulit wajah akan terasa lebih kenyal, meminimalisir keriput dan garis halus.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Fungsi hyaluronic acid selanjutnya adalah membantu mempercepat penyembuhan luka yang ada di kulit seperti luka akibat jerawat. Kandungan  yang satu ini dapat menyembuhkan luka dengan cara membantu mengendalikan peradangan, kemudian mengirimkan sinyal pada tubuh untuk melancarkan aliran darah di kulit yang terluka. 

Baca Juga: Skincare Hacks untuk Memaksimalkan Serum Wajah sebagai Highlighter Makeup

Oleh karena itu, mengaplikasikan skincare yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu mengurangi rasa nyeri, meminimalisir ukuran luka di wajah, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Pada luka yang terbuka, hyaluronic acid juga dapat menurunkan risiko terjadinya infeksi karena kandungan ini memiliki agen anti-bakteri di dalamnya.

4. Memperbaiki kulit kasar

Berdasarkan The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, kandungan hyaluronic acid dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit sekaligus mengurangi tekstur kulit yang kasar setelah pemakaian selama 2-8 minggu. 

Jika kamu ingin meminimalisir kulit kasar, kamu bisa menggunakan toner sekaligus essence yang mengandung hyaluronic acid seperti DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence. Produk 2in1 ini mengandung hyaluronic acid dengan konsentrasi yang cukup tinggi untuk menjadikan kulit terasa lebih halus, kenyal, dan terhidrasi. 

Jika kamu tertarik untuk mendapatkan DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence, kamu bisa pesan di sini. Toner sekaligus serum ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit karena alcohol-free, fragrance-free, SLS free, dan non-comedogenic.

Baca Juga: Mengenal 4 Manfaat Sarang Burung Walet pada Skincare untuk Kulit

Selain itu, DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence juga sudah bersertifikasi halal, dermatology tested, bebas paraben dan terjamin cruelty-free sehingga aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

Cara Pakai Skincare yang Mengandung Hyaluronic Acid

Setelah mengetahui manfaat dari hyaluronic acid untuk kulit wajah, lalu bagaimana cara menggunakan kandungan satu ini?

Untuk merasakan manfaat hyaluronic acid, kamu bisa menggunakan senyawa ini pada tipe kulit apa saja. Selain itu, kandungan ini juga dapat digabungkan dengan bahan aktif lainnya seperti retinol dan jenis asam lainnya. 

Satu-satunyanya asam yang sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan hyaluronic acid adalah asam yang memiliki pH rendah, misalnya glycolic acid. Jenis asam satu ini dapat mengurangi kemampuan hyaluronic acid dalam memberikan kelembapan pada kulit wajah.

Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat hyaluronic acid dan cara menggunakannya. Jika kamu ingin menjaga kelembapan kulit wajah, menjadikan kulit terasa lebih sehat, kenyal, dan terhidrasi kamu bisa menggunakan rangkaian produk skincare Skidoze atau mencoba Plumpy Bundle

Bundle ini terdiri dari DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence dan  HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream. Kedua produk tersebut mengandung bahan hyaluronic acid yang berperan sebagai natural moisturizing factor sehingga memberikan kelembapan pada kulit wajah.

Pemakaian DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence dapat memberikan hasil akhir kulit yang menyegarkan, menenangkan, dan terasa kenyal. Sedangkan HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream memberikan after finish seperti kulit di-laminating.

Baca Juga: Mengenal #KulitLaminating dan Cara Mendapatkan Kulit Kenyal dan Kencang 

Apakah kamu tertarik untuk mencoba DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence  atau Plumpy Bundle? Jika ya, yuk segera dapatkan skincare Skindoze untuk perawatan kulit wajahmu sekarang juga!