Skip to main content
  • English
  • Indonesia

6 Cara Merawat Kulit Wajah yang Benar dan Tepat

6 Cara Merawat Kulit Wajah yang Benar dan Tepat

Merawat kulit wajah yang benar dapat membantu mencegah berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, iritasi, dan lainnya. Lantas bagaimana cara merawat kulit wajah yang benar? Yuk, simak pembahasan lengkap cara melakukan perawatan kulit di artikel ini!

Tips Merawat Kulit Wajah yang Tepat 

Berikut ini cara merawat kulit wajah yang perlu kamu ketahui:

1. Hindari Bahan Skincare Tertentu

Menggunakan produk perawatan khusus untuk wajah memang baik, namun kamu juga perlu waspada dalam memilih produk yang tepat. Pasalnya ada beberapa kandungan yang dapat mengiritasi kulit wajah atau justru memperparah kondisi kulit akibat kulit kamu tidak cocok dengan kandungan tersebut. 

Oleh karena itu, sebelum menggunakan produk skincare untuk wajah, pastikan kamu mengetahui tipe kulitmu. Setelah itu, hindari kandungan yang mengiritasi kulit, terutama bagi kamu yang memiliki tipe kulit sensitif. Beberapa kandungan yang dapat mengiritasi kulit di antaranya adalah alkohol, SLS (Sodium Lauryl Sulfate), dan lainnya.

2. Melakukan Eksfoliasi

Untuk mencegah penumpukan sel kulit mati yang bisa menyebabkan timbul jerawat, kamu perlu rutin melakukan eksfoliasi wajah atau pengelupasan kulit. Walau pada dasarnya, kulit kamu bisa melakukan tahapan ini secara alami, namun tidak semua proses eksfoliasi berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, kamu tetap membutuhkan tahapan eksfoliasi baik secara fisik atau kimiawi. 

Eksfoliasi secara fisik bisa dilakukan menggunakan produk fisik seperti scrub. Sedangkan eksfoliasi secara kimiawi dilakukan menggunakan bantuan bahan-bahan kimia yang terdapat pada skincare seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), dan PHA (Polyhydroxy Acid).

Jika kamu memiliki kulit yang gampang sensitif, sebaiknya hindari cara eksfoliasi secara fisik dan coba lakukan eksfoliasi secara kimiawi. Perlu diingat juga, meski pengelupasan kulit dapat membantu mempercepat regenerasi kulit kamu, tapi cara ini sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu untuk meminimalisir sensitivitas pada kulit kamu.

3. Jangan Melewatkan Sunscreen

Selain pelembap wajah, penggunaan sunscreen juga tidak kalah penting. Produk perawatan satu ini tidak hanya mampu menjaga kelembapan wajah, tapi juga dapat memberikan perlindungan pada kulit dari sinar UV.

Kulit wajah yang terlalu lama terpapar sinar matahari rentan mengalami berbagai masalah kulit seperti mengalami penuaan dini, muncul flek hitam, timbul jerawat, kemerahan, hingga kulit terasa lebih kering.

Untuk itu, sebaiknya kamu tidak melewatkan penggunaan sunscreen wajah. Sebelum keluar rumah saat pagi atau siang hari, pastikan kamu menggunakan tabir surya. 

Untuk penggunaan tabir surya pastikan kamu mencari produk sunscreen yang memiliki SPF 30 untuk memberikan perlindungan dari sinar UV secara maksimal. Selain itu, kamu juga perlu mengoleskan kembali sunscreen setelah 4 jam.

4. Rutin Membersihkan Wajah


Membersihkan kulit wajah secara tepat sangat memainkan peranan penting dalam merawat kulit wajah. Kulit wajah yang tidak dibersihkan secara benar bisa menimbulkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, dan lainnya.

Pasalnya membersihkan wajah bisa membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, debu, bakteri yang bisa menyebabkan permasalahan kulit. Ketika membersihkan wajah, pastikan kamu menggunakan pembersih wajah yang gentle di kulit, seperti memiliki pH seimbang dan tidak menyebabkan kulit terasa kering setelahnya. 

Salah satu pembersih wajah yang bisa Anda gunakan adalah HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser. Pembersih ini diformulasikan bebas kandungan SLS, bebas alkohol, pewangi tambahan, dan paraben. 

Pembersih satu ini juga memiliki empat jenis hyaluronic acid yang dapat memberikan kelembapan pada kulit. Selain itu, dilengkapi dengan ekstrak chamomile untuk menenangkan kulit yang sensitif dan kemerahan. 

Diperkaya dengan 2% niacinamide, pembersih wajah ini juga bisa mencerahkan kulit wajah kamu. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan secara rutin pada pagi dan malam hari.

5. Pakai Pelembap Wajah

Melewatkan pelembap wajah dapat mendatangkan berbagai masalah kulit seperti memperburuk kulit yang berjerawat, kulit terasa kering, gatal, dan lainnya. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Jika iya, itu artinya kamu tidak boleh melewatkan penggunaan pelembap wajah. 

Selain memberikan kelembapan pada kulit wajah, moisturizer juga berperan untuk memperbaiki kerusakan pada sel-sel dan jaringan kulit, menjaga keseimbangan pH kulit, hingga mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

6. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Air memiliki peranan penting, termasuk untuk kesehatan kulit kamu. Pasalnya merawat kulit wajah tidak hanya membutuhkan bantuan dari produk skincare saja. 

Oleh karena itu, perlu diimbangi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu. Untuk memenuhi cairan tubuh, kamu bisa konsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap hari. Dengan begitu, kulit kamu akan mendapatkan hidrasi dan kelembapan yang cukup dari dalam.

Nah, itulah enam cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kulit wajah untuk mendapatkan kulit yang sehat, terawat, dan tampak bercahaya. Jika kamu ingin mencari produk perawatan kulit wajah yang telah teruji oleh dermatologi dan aman, terutama untuk kulit sensitif, kamu bisa coba produk skincare dari Skindoze dengan klik di sini.

Baca Juga: