Skip to main content
  • English
  • Indonesia

6 Cara Menghilangkan Kulit Belang Akibat Paparan Sinar Matahari

6 Cara Menghilangkan Kulit Belang Akibat Paparan Sinar Matahari

Terlalu sering terpapar sinar matahari tanpa memberikan perlindungan pada kulit bisa menyebabkan kulit belang. Apabila hal ini terjadi tentu bisa mengurangi rasa percaya diri sebagian besar orang. Untuk mencegah hal itu, yuk simak pembahasan mengenai cara menghilangkan kulit belang dengan aman dan tepat di artikel ini!

Tips Menghilangkan Kulit Belang yang Aman dan Cepat

Apabila kamu punya masalah dengan kulit belang, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

1. Pakai Sunscreen Setiap Hari

Untuk mengatasi masalah kulit belang, cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah rutin menggunakan sunscreen setiap hari saat pagi atau siang hari. Lakukan hal ini sebelum kamu beraktivitas, terutama ketika kamu akan berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama.

Apabila kamu menggunakan sunscreen, sebaiknya pilihlah produk tabir surya yang mengandung SPF minimal 30. Pasalnya tingkat SPF yang tinggi dapat membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UVB yang dapat mengakibatkan kulit terbakar. Semakin tinggi tingkat SPF yang kamu pakai itu berarti kulit kamu akan semakin terlindungi.

2. Gunakan Sunscreen Ulang Setiap 3-4 Jam

Walau kamu sudah menggunakan sunscreen sebelum berada di luar ruangan, namun pastikan kamu selalu menggunakan kembali tabir surya setiap 3-4 jam sekali atau setelah kontak dengan air seperti berenang, mencuci wajah, atau terkena hujan. 

Hal ini bertujuan untuk tetap memberikan perlindungan pada kulit secara maksimal sehingga kulit belang tidak terjadi.

3. Pakai Masker, Kacamata Hitam, dan Masker

Selain memberikan perlindungan dengan tabir surya, saat berada di luar ruangan dan terpapar langsung dengan cahaya matahari, kamu juga bisa menggunakan pelindung lainnya seperti kacamata hitam, masker, dan topi. Dengan cara ini, kulit belang bisa dicegah atau berkurang. 

4. Oleskan Produk Perawatan Kulit untuk Mencerahkan

Tidak hanya memberikan perlindungan untuk kulit, kamu juga perlu menggunakan produk perawatan kulit yang bertujuan untuk mencerahkan kulit. Carilah produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif untuk mencerahkan seperti vitamin C, azelaic acid, kojic acid, alpha arbutin, dan lainnya. 

Bahan-bahan tersebut telah terbukti bisa mencerahkan kulit secara cepat dan aman jika digunakan secara rutin. Meski kandungan tersebut baik untuk mencerahkan, namun kamu tetap perlu memerhatikan cara penggunaannya karena beberapa kandungan tidak bisa dicampurkan dengan bahan aktif tertentu. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan terjadi iritasi pada kulit.

Apabila kamu mencari produk untuk mencerahkan kulit, beberapa produk yang bisa digunakan salah satunya adalah GLOW GET IT! Brightening Serum. Produk serum satu ini telah diformulasikan mengandung bahan-bahan untuk mencerahkan kulit wajah seperti niacinamide 6%. 

Tidak hanya mencerahkan, serum ini juga dapat memberikan kelembapan pada wajah berkat kandungan hyaluronic acid di dalamnya. Dengan begitu, kulit wajah akan tampak cerah, sehat, dan lembap.

5. Lakukan Eksfoliasi Kulit secara Rutin

Cara menghilangkan kulit belang selanjutnya adalah rutin melakukan eksfoliasi wajah. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa mencoba menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid) atau BHA (Beta Hydroxy Acid). 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi secara fisik menggunakan scrub atau produk yang mengandung butiran scrub. Namun, untuk pemilik kulit sensitif, sebaiknya kamu menghindari cara satu ini, ya!

6. Gunakan Produk Retinoid

Cara berikutnya untuk mengatasi kulit belang adalah menggunakan produk yang mengandung retinoid. Pasalnya kandungan satu ini dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit sehingga dapat membantu kulit baru keluar lebih cepat sekaligus meratakan warna kulit belang. 

Namun, penggunaan produk retinoid sebaiknya tidak digabungkan bersamaan dengan skincare yang mengandung AHA atau BHA. Selain itu, jika kamu menggunakan bahan aktif satu ini, kamu tidak boleh melewatkan penggunaan sunscreen di pagi atau siang hari. Hal ini membantu untuk mengurangi sensitivitas pada kulit kamu.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kulit belang akibat sinar matahari. Apabila cara tersebut masih belum cukup untuk mengatasi kulit belang kamu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan saran dan perawatan yang tepat. Semoga informasi ini membantu kamu, ya!

Baca Juga: