Skip to main content
  • English
  • Indonesia

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Bahan Alami dan Skincare

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Bahan Alami dan Skincare

Paparan sinar matahari, peradangan di kulit akibat jerawat, dan fluktuasi hormon bisa menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah. Apabila kondisi ini dibiarkan tentu akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Untuk itu, yuk simak artikel ini untuk tahu bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan dengan pemakaian skincare.

Apa itu Flek Hitam?

Sebelum mengenali cara menghilangkan flek hitam, tahukah kamu apa itu flek hitam dan bagaimana terbentuknya flek hitam di wajah?

Flek hitam atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan ephelis ini merupakan kondisi kulit di mana muncul bintik-bintik berwarna lebih gelap dibandingkan area di sekitarnya. Walau flek hitam umumnya muncul di area wajah, kondisi ini juga bisa ditemukan di bagian tubuh lainnya seperti kulit lengan, bahu, dada, dan lainnya. 

Muncul flek hitam merupakan hal yang wajar karena hampir dialami oleh semua orang akibat produksi melanin yang meningkat. Melanin adalah pigmen untuk memberi warna pada kulit. Walau hal yang normal, munculnya flek hitam bisa mengurangi rasa percaya diri, bahkan mengganggu tampilan wajah.

Tips Memudarkan Flek Hitam Secara Alami dan Mudah

Untuk memudarkan flek hitam, kamu bisa melakukannya menggunakan bahan alami dan produk skincare. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam di wajah:

1. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami terbaik untuk membantu menghilangkan flek hitam sekaligus mengurangi perubahan warna pada kulit. Tanaman satu ini mengandung 90% asam amino serta berbagai jenis vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, dan E. 

Selain membantu menghilangkan bintik-bintik gelap, lidah buaya juga bisa menjadikan kulit lebih halus dan lembut, serta memberikan kelembapan di wajah. 

Walau lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi flek hitam di wajah, namun cara ini akan membutuhkan waktu lama. Apabila kamu membutuhkan waktu yang cepat, penggunaan lidah buaya sebagai masker tidak disarankan. Sebaiknya cari produk skincare yang mengandung lidah buaya di dalamnya.

2. Perbanyak Konsumsi Air 

Selain menghilangkan rasa haus, minum air putih juga bisa membantu membersihkan racun dari tubuh. Selain itu, minum delapan sampai sepuluh gelas air per hari juga dapat menjadi cara terbaik dan alami untuk mendapatkan kulit wajah yang halus, bersih, dan bercahaya. 

Namun, usahakan juga untuk menghindari konsumsi minuman beralkohol, tinggi gula, dan bersoda. Kemudian imbangi juga dengan konsumsi sayur dan buah-buahan tinggi air.

3. Oleskan Masker Pepaya

Bahan alami berikutnya yang bisa membantu menghilangkan flek hitam adalah buah pepaya. Buah berwarna oranye ini mengandung unsur mineral dan enzim untuk memudarkan flek hitam di wajah. 

Cukup oleskan pepaya yang sudah matang dan sudah dijadikan sebagai masker, kemudian oleskan pada kulit dan biarkan hingga kering. Setelah 20 menit, bilas dengan air bersih. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk atasi flek hitam. Namun, perlu kamu ingat cara ini mungkin bisa menimbulkan efek samping seperti alergi pada kulit dan membutuhkan waktu yang tidak cepat.

Untuk itu, sebaiknya kamu pertimbangkan kembali sebelum menggunakan masker dari buah pepaya. Apabila ingin menggunakan masker dari pepaya, carilah produk masker yang mengandung pepaya dan sudah teruji aman untuk kulit. 

4. Pakai Skincare dengan Kandungan Pencerah Wajah

Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan untuk mencerahkan kulit bisa membantu memudarkan atau menghilangkan bintik hitam di wajah. Beberapa kandungan pencerah kulit bisa kamu temukan pada produk yang mengandung bahan aktif berikut:

  • Alpha Arbutin: kandungan ini mampu menghambat produksi tirosinase, yang merupakan enzim untuk memproduksi melanin pada kulit. 
  • Kojic Acid: sama seperti alpha arbutin, kandungan ini juga dapat menghambat produksi melanin. Meski begitu, kamu perlu berhati-hati saat menggunakannya karena penggunaan kojic acid lebih dari 1% bisa menyebabkan reaksi negatif seperti kemerahan dan gatal-gatal.
  • Azelaic Acid: bahan aktif ini dapat membantu mencerahkan flek hitam karena kaya akan antioksidan. Selain itu, kandungan ini juga memiliki pH seimbang sehingga bisa digunakan untuk pemilik kulit sensitif, rosacea, hingga melasma. 

Selain kandungan di atas, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang diperuntukkan untuk mencerahkan wajah seperti GLOW GET IT! Brightening Serum. Produk ini mengandung bahan pencerah seperti niacinamide.

5. Gunakan Chemical Exfoliator

Produk eksfoliasi secara kimiawi yang mengandung bahan-bahan seperti AHA, BHA, azelaic acid, lactic acid, dan lainnya bisa membantu memudarkan flek hitam di wajah. Selain itu, produk chemical exfoliator juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga membantu meregenerasi kulit kamu.

Ketika melakukan eksfoliasi menggunakan produk yang mengandung AHA, BHA, dan PHA sebaiknya tidak melakukannya terlalu sering. Cukup lakukan dua kali dalam seminggu untuk mencegah kulit kering dan iritasi. 

Setelah proses eksfoliasi, kamu bisa lanjut dengan tahap perawatan kulit selanjutnya, yaitu penggunaan toner, serum, dan pelembap, serta sunscreen untuk pagi hari. 

6. Gunakan Sunscreen 

Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Muncul flek hitam akibat sinar ultraviolet (UV) dapat menjadi tanda kamu mengalami penuaan dini. 

Radiasi sinar UV bisa menyebabkan terjadi induksi melanosit sehingga terjadi produksi yang tinggi pada melanin. Untuk mencegah hal tersebut, penggunaan sunscreen atau tabir surya sangatlah penting. Menurut penelitian, penggunaan sunscreen yang memiliki SPF minimal 30 bisa membantu mencegah munculnya flek hitam sekaligus mengurangi flek hitam di kulit. 

Hal tersebut terjadi akibat sunscreen mengandung lapisan perlindungan sehingga sinar UVA dan UVB tidak bisa masuk ke lapisan terdalam kulit, yang bisa memicu peningkatan melanin. 

Nah, itulah enam cara untuk menghilangkan flek hitam secara alami dan mudah. Walau cara di atas terbilang mudah, namun kamu tetap perlu waspada. Apabila timbul ketidakcocokan atau alergi sebaiknya hentikan penggunaan produk atau cara tersebut.

Baca Juga: