Skip to main content
  • English
  • Indonesia

7 Cara Mencerahkan Kulit Wajah dengan Skincare dan Secara Alami

7 Cara Mencerahkan Kulit Wajah dengan Skincare dan Secara Alami

Memiliki wajah yang cerah bercahaya tentu menjadi impian sebagian besar orang. Untuk memiliki kulit seperti itu, salah satu cara yang bisa kamu lakukan, yaitu merawat kulit wajah baik dari dalam dan luar. Lantas, bagaimana cara mencerahkan kulit wajah yang tepat dan aman? Yuk, simak pembahasan lengkap di artikel ini!

Tips Mencerahkan Kulit Wajah secara Alami hingga Pemakaian Skincare

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, sehat dan tampak berkilau, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan kulit wajah:

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit wajah adalah rutin membersihkan kulit dua kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Membersihkan kulit wajah menjadi langkah awal dari perawatan untuk mencerahkan kulit sekaligus membantu membersihkan kotoran, minyak berlebih, hingga sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit wajah. 

Ketika membersihkan wajah, pastikan kamu memilih produk pembersih wajah yang gentle dan aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun. Selain itu, bersihkan kulit secara lembut dan bilas wajah kamu secara menyeluruh sebelum lanjut ke produk perawatan kulit selanjutnya.

2. Oleskan Pelembap Wajah

Pelembap wajah tidak hanya membantu memberikan kelmbapan dan hidrasi pada kulit saja, tapi juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Saat ini, pembersih wajah sudah ada yang dilengkapi dengan bahan aktif untuk mencerahkan kulit. Misalnya, pelembap wajah yang diperkaya bahan aktif pencerah seperti niacinamide. 

Dengan begitu, kulit wajah tidak hanya lembap dan kenyal, namun juga tampak lebih cerah bercahaya. Jika mau ingin mencari pelembap yang tidak hanya melembapkan kulit, tapi juga bisa mencerahkan kulit wajah, kamu bisa coba HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream

Selain mengandung bahan-bahan yang melembapkan kulit, moisturizer ini juga dilengkapi bahan untuk mencerahkan, misalnya niacinamide 2% dan ekstrak sarang burung walet.

3. Menggunakan Sunscreen 

Selain penggunaan produk pelembap dan pembersih wajah, produk skincare selanjutnya yang tidak kalah penting adalah tabir surya atau sunscreen. Produk ini dapat membantu melindungi kulit wajah dari efek buruk sinar UVA dan UVB, seperti noda hitam, kerutan di wajah, hingga kanker kulit. 

Untuk itu, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen saat pagi atau siang hari sebelum keluar rumah. Selain itu, oleskan sunscreen setiap dua jam sekali atau ketika selesai berenang agar perlindungan kulit wajah tetap terjaga. 

Ketika kamu mencari produk sunscreen, pastikan kamu pilih produk yang mengandung SPF minimal 30 sehingga bisa melindungi kulit secara maksimal dari sinar matahari. 

4. Tidur yang Cukup

Selain penggunaan sunscreen seperti pembersih wajah, pelembap, dan tabir surya, cara selanjutnya untuk mencerahkan kulit secara alami adalah memiliki waktu tidur yang cukup. 

Mendapatkan waktu tidur yang cukup dapat membantu kulit untuk membentuk kolagen sekaligus melancarkan aliran darah yang terdapat di bawah kulit. Dengan begitu, kulit wajah bisa mendapatkan nutrisi. Untuk mendapatkan tidur yang cukup, sebaiknya kamu tidur minimal tujuh jam per hari.

5. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Cara mencerahkan kulit secara alami selanjutnya, yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu. Pasalnya air bisa membantu menjaga jaringan kolagen dan memelihara kelembapan kulit wajah. Kedua hal tersebut memiliki peranan penting untuk membuat kulit tidak hanya tampak bercahaya, tapi juga terasa lembut dan sehat. 

Sumber cairan untuk tubuh bisa kamu dapatkan tidak hanya dari air mineral saja, tapi juga dari sayuran atau buah-buahan yang kaya akan sumber air. Selain memenuhi asupan cairan tubuh, kamu juga perlu menghindari konsumsi minuman yang sifatnya bisa menarik air seperti minuman beralkohol. Sebab minuman beralkohol bisa menjadikan kulit wajah terasa kering, kusam, dan kasar. 

6. Olahraga secara Rutin

Berolahraga secara rutin bisa membantu meningkatkan kinerja jantung untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk jaringan kulit. Apabila kulit menerima asupan oksigen dan nutrisi yang cukup, hal tersebut bisa menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah bercahaya sekaligus tampak lebih sehat dan lembap. 

Untuk melakukan olahraga, kamu bisa mulai dari olahraga yang ringan dan mudah dilakukan seperti berjalan cepat, bersepeda, sampai berenang. Setelah menentukan olahraga yang tepat dan sesuai dengan kamu, lakukanlah secara rutin. Minimal tiga kali dalam seminggu agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal. 

7. Konsumsi Makanan kaya Vitamin

Mengonsumsi makanan yang kaya akan sumber vitamin tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga dapat menutrisi kulit, menangkal radikal bebas, mempertahankan bentuk dan fungsinya, serta membantu produksi kolagen berkat kandungan antioksidan yang berasal dari sayuran atau buah-buahan. 

Beberapa jenis vitamin yang baik untuk kulit di antaranya adalah vitamin C, E, dan B. Ragam vitamin tersebut bisa kamu dapatkan dari buah, sayuran, dan kacang-kacangan seperti tomat, sayuran hijau, anggur, kacang almond, dan lainnya. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan kulit wajah, baik dengan penggunaan skincare maupun secara alami. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah bercahaya dan tampak sehat, pastikan kamu melakukan cara di atas secara rutin dan konsisten. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kulit cerah dan sehat sesuai dengan yang kamu inginkan.

Baca Juga: