Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Selain Pelembap, Inilah 6 Cara Mengatasi Masalah Kulit Dehidrasi

Selain Pelembap, Inilah 6 Cara Mengatasi Masalah Kulit Dehidrasi

Kekurangan cairan pada tubuh bisa menyebabkan masalah kulit, yaitu kulit dehidrasi. Ciri kulit dehidrasi sering ditandai dengan kondisi kulit yang tampak kusam, terasa kering, gatal, dan kurang elastis. Untuk mengatasi masalah tersebut, yuk simak cara mengembalikan hidrasi pada kulit wajah di artikel ini!

Cara Merawat Kulit Wajah yang Dehidrasi 

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan hidrasi pada kulit yang dehidrasi secara alami dan tepat:

1. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Salah satu hal utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah kulit dehidrasi adalah memenuhi asupan cairan tubuh. Cara ini bisa kamu lakukan dengan konsumsi air putih yang cukup. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan sumber cairan dari konsumsi makanan yang tinggi air seperti jeruk, anggur, semangka, dan lainnya. Apabila kamu kurang mengonsumsi buah-buahan, kamu juga bisa mengonsumsi sayuran berkuah setiap makan. Cara ini bisa membantu mengatasi permasalahan orang yang malas minum air. 

Untuk memenuhi cairan tubuh, kamu bisa membiasakan diri untuk membawa botol air minum ketika beraktivitas. Dengan begitu, kamu tidak lupa untuk selalu minum air agar bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu. 

2. Pilih Skincare yang Menghidrasi Kulit

Untuk menjaga hidrasi kulit dari luar, kamu bisa menggunakan produk skincare yang bisa menghidrasi (hydrating) sekaligus memiliki konsentrasi yang tinggi seperti serum wajah. Hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan kadar air di kulit wajah. 

Serum yang mampu menghidrasi kulit biasanya mengandung bahan-bahan seperti hyaluronic acid dan glycerin. Selain menggunakan serum dengan konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi, cari juga serum wajah yang ringan dan bisa menyerap ke lapisan kulit kamu. 

Salah satu jenis serum untuk membantu mengatasi kulit dehidrasi dan bisa menyerap dengan cepat adalah GLOW GET IT! Brightening Serum. Selain mengandung ekstrak sarang burung walet by Realfood, serum in juga dilengkapi dengan bahan-bahan untuk menghidrasi kulit wajah seperti aqua, glycerin, squalane, niacinamide, dan hyaluronic acid.

3. Hindari Penggunaan Air Panas

Jika kamu sering membersihkan wajah dengan air panas, sebaiknya hentikan kebiasaan satu ini. Hal ini dikarenakan air panas bisa mengurangi hidrasi pada kulit. Selain itu, air panas juga bisa menyebabkan kulit terasa lebih kering.

4. Jangan Lupakan Sunscreen

Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa menyebabkan elastisitas kulit menurun dan merusak kolagen. Untuk itu, penggunaan sunscreen pada wajah sangatlah penting. Selain menjaga kulit dari efek buruk sinar UVA dan UVB, penggunaan tabir surya juga bisa membantu permasalah kulit dehidrasi. 

Untuk penggunaan sunscreen, sebaiknya carilah produk tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 agar mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara maksimal. 

Selain itu, gunakan sunscreen secara rutin sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan atau pada pagi dan siang hari. Tidak hanya itu, oleskan juga tabir surya setiap 2 jam sekali atau ketika kulit terlalu berkeringat. 

5. Pasang Humidifier

Untuk membantu meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan, kamu bisa menyalakan humidifier. Alat satu ini biasa digunakan ketika udara terasa sangat kering, misalnya ketika berada di ruangan ber-AC. 

Di samping itu, penggunaan humidifier juga bisa berguna dalam membantu memberikan atau menambah hidrasi pada kulit kamu. 

Apalagi ketika suhu ruangan terasa dingin dan kering sehingga kamu membutuhkan lebih banyak kelembapan. Pasalnya udara yang terlalu kering bisa menurunkan kelembapan di kulit.

6. Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol memiliki sifat diuretik, itu artinya konsumsi minuman beralkohol bisa menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Maka dari itu, terlalu sering mengonsumsi minuman keras seperti alkohol bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit, yaitu kulit menjadi dehidrasi. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi alkohol.

Kandungan Skincare untuk Menghidrasi Kulit

Berikut ini beberapa bahan aktif pada skincare yang bisa membantu menghidrasi kulit wajah:

1. Hyaluronic Acid

Kandungan satu ini termasuk bahan aktif yang cukup populer dalam dunia skincare. Pasalnya, hyaluronic acid bisa membantu menghidrasi kulit wajah. Hal ini terjadi akibat cara kerja hyaluronic acid adalah mengikat air di jaringan kulit untuk mencegah terjadinya water-loss yang bisa menyebabkan tampilan kulit tampak kusam dan kering. 

2. Glycerin

Bahan aktif satu ini bersifat humectant yang berarti kandungan glycerin yang terdapat pada produk skincare bisa menarik air ke jaringan kulit. Untuk itu, kandungan satu ini bisa membantu mengatasi permasalahan kulit dehidrasi. Selain itu, glycerin juga bisa membantu mengatasi kulit yang terasa kering dan sensitif. 

3. Squalane

Kandungan satu ini secara alami terdapat di kulit. Squalane sendiri merupakan jenis senyawa yang dapat diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Kelenjar tersebut juga bisa memproduksi minyak alami yang dapat melindungi kulit sekaligus menjaga kelembapannya. 

Untuk itu, bahan aktif satu ini bisa membantu menjaga hidrasi pada kulit wajah. Kandungan ini umumnya terdapat di produk skincare seperti face oil atau serum wajah.

4. Ceramide

Tidak hanya membantu menjaga skin barrier agar terlindung dari radikal bebas, kandungan ceramide juga bisa membantu menghidrasi kulit wajah. Di samping itu, bahan aktif ini juga bisa digunakan untuk mengatasi permasalah kulit tertentu, misalnya eksim. 

Nah, itulah enam cara mengatasi masalah kulit dehidrasi dan kandungan pada skincare yang bisa membantu menghidrasi kulit wajah. Apabila masalah kulit dehidrasi kamu masih belum membaik setelah menerapkan cara-cara di atas, sebaiknya kamu segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: