Skip to main content
  • English
  • Indonesia

8 Cara Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah yang Aman dan Mudah

8 Cara Mengurangi Minyak Berlebih di Wajah yang Aman dan Mudah

Minyak alami pada kulit wajah dapat membantu memberikan kelembapan. Namun, produksi sebum atau minyak berlebih justru bisa menimbulkan masalah baru, seperti komedo dan timbul jerawat. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Untuk itu, yuk simak cara mengurangi minyak berlebih pada wajah di artikel ini!

Tips Kurangi Sebum Berlebih pada Kulit Wajah

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi minyak alami yang berlebih di kulit wajah:

1. Gunakan Pelembap

Mungkin kamu mengira bahwa kulit wajah berminyak tidak perlu pelembap wajah akibat produksi minyak yang tinggi. Namun, hal itu justru keliru. Melewatkan pelembap wajah malah bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. Mengapa hal itu bisa terjadi? 

Kulit yang tidak dioleskan pelembap akan mengalami dehidrasi. Selain itu, kulit akan menganggap wajah kamu kering dan membutuhkan kelembapan sehingga kulit menghasilkan lebih banyak sebum untuk melembapkan kulit. 

Untuk itu, kulit berminyak pun tetap membutuhkan pelembap wajah. Jika kamu khawatir produk moisturizer akan memberikan kesan lengket di kulit, kamu bisa mencari pelembap yang memiliki tekstur gel atau water cream seperti HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream

Sesuai namanya, pelembap ini memiliki tekstur water cream yang cepat menyerap pada permukaan kulit tanpa meninggalkan kesan lengket setelahnya. Selain itu, pelembap ini juga mengandung bahan-bahan pelembap yang dapat memberikan kelembapan pada kulit hingga 24 jam. 

Selain melembapkan, HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream juga mengandung niacinamide 2% dan rice bran untuk mencerahkan kulit wajah. Kemudian dilengkapi bisabolol yang berperan untuk menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan.

2. Pakai Tabir Surya

Selain pelembap untuk wajah, produk yang tidak kalah penting adalah tabir surya atau sunscreen. Produk satu ini dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV yang dapat memperparah kondisi kulit berminyak kamu. 

Apabila kamu khawatir, penggunaan sunscreen bisa menyumbat pori-pori dan memperparah kondisi kulit, kamu bisa cari tabir surya dengan label non-comedogenic dan bebas kandungan minyak. Dengan begitu, kamu bisa terlindung dari bahaya sinar UV tanpa memicu produksi sebum berlebih di wajah.

3. Batasi atau Hindari Penggunaan Scrub

Penggunaan produk yang mengandung scrub terlalu sering dianggap bisa memicu produksi minyak di wajah. Sebab scrub bisa menyebabkan kulit terasa kering dan iritasi. Apabila hal itu terjadi, tentu kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk memberikan kelembapan. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? 

Untuk itu, sebaiknya batasi atau hindari penggunaan scrub di wajah. Jika kamu ingin melakukan eksfoliasi atau proses pengelupasan kulit, kamu bisa lakukan eksfoliasi secara kimiawi menggunakan bahan-bahan kimia seperti AHA, BHA, dan PHA.

Namun perlu diingat juga, sebaiknya tidak melakukan proses ini terlalu sering. Cukup lakukan 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik tanpa menyebabkan kulit kering.

4. Gunakan Clay Mask

Untuk kulit berminyak, kamu bisa gunakan masker wajah berbahan dasar lumpur atau clay untuk membantu mengurangi minyak berlebih di wajah. Selain itu, penggunaan clay mask juga bisa membersihkan pori-pori penyebab kulit berjerawat dan timbul komedo. Meski mampu mengurangi minyak di kulit, sebaiknya gunakan clay mask seminggu sekali untuk mencegah kulit menjadi kering. 

5. Pakai Produk Skincare Berbahan Dasar Air

Cara mengurangi kulit berminyak selanjutnya adalah memerhatikan produk skincare yang kamu gunakan. Carilah produk perawatan kulit yang memiliki bahan dasar air atau oil-free, serta non-comedogenic untuk mencegah pori-pori tersumbat. Selain itu, produk skincare yang berbahan dasar air akan lebih terasa ringan di kulit dan cepat meresap.

6. Gunakan Kertas Wajah

Blotting paper atau kertas wajah bisa menjadi solusi cepat untuk mengurangi minyak di wajah tanpa menjadikan kulit kering. Untuk penggunaan produk ini, kamu cukup menempelkan kertas di bagian kulit yang berminyak seperti dahi, hidung, dan dagu. Jika minyak sudah terangkat, segera lepas kertas pada wajah Anda.

7. Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Membersihkan kulit wajah juga dapat membantu mengurangi kulit berminyak. Selain mengangkat kotoran di wajah, pembersih wajah juga bisa mengangkat minyak berlebih pada kulit. Namun, pastikan kamu melakukan ini dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari setelah selesai beraktivitas. 

Saat membersihkan wajah, gunakan juga produk pembersih wajah yang lembut untuk kulit seperti tidak mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate), bebas alkohol, dan bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit lainnya. 

Jika kamu mencari produk pembersih wajah bebas SLS, kandungan alkohol, parfum, dan bahan-bahan lainnya yang bisa memicu kulit iritasi, kamu bisa mencoba cleanser dari Skindoze, yaitu HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser yang mengandung ekstrak sarang burung walet by Realfood. 

Selain itu, pembersih wajah satu ini juga diformulasikan bebas kandungan berbahaya yang dapat mengiritasi kulit, namun tetap membersihkan sekaligus melembapkan kulit setelahnya. Tidak hanya itu, pembersih ini juga mengandung ekstrak chamomile yang dapat menenangkan kulit wajah.

8. Hindari Makanan yang Memicu Produksi Sebum

Selain perawatan dari luar, kamu juga perlu menjaga dari dalam dengan membatasi atau menghindari makanan yang bisa memicu produksi minyak. Beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan produksi minyak berlebih di antaranya, yaitu makanan terlalu manis, makanan terlalu pedas, dan tinggi garam.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Semoga dengan cara-cara di atas, masalah minyak berlebih pada wajah kamu bisa teratasi, ya!

Baca Juga: