Skip to main content
  • English
  • Indonesia

7 Cara Membersihkan Komedo Membandel Secara Optimal

7 Cara Membersihkan Komedo Membandel Secara Optimal

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang dapat memicu masalah baru seperti jerawat apabila tidak diatasi dengan tepat. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu mengetahui cara membersihkan komedo di wajah yang tepat. Oleh karena itu, yuk simak pembahasan mengenai cara membersihkan komedo di wajah yang aman dan tepat di artikel ini!

Inilah Cara Membersihkan Komedo di Wajah yang Tepat

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah komedo di wajah:

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

Salah satu cara membersihkan komedo yang penting dilakukan adalah membersihkan wajah secara rutin. Cara ini bisa membantu mencegah munculnya komedo di wajah. Pasalnya ketika kamu membersihkan wajah itu berarti debu, kotoran, dan minyak (sebum) di wajah akan ikut terangkat sehingga mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pori-pori wajah.

Walau membersihkan wajah penting untuk dilakukan, namun kamu tidak boleh melakukan over-cleansing atau mencuci wajah secara berlebih. Sebab hal ini bisa meningkatkan produksi sebum di wajah. Apabila itu terjadi, minyak berlebih bisa menyebabkan penyumbatan di pori-pori sehingga komedo muncul.

Untuk membersihkan wajah, lakukan dua kali sehari saat pagi dan malam hari. Selain itu, ketika membersihkan wajah pakailah pembersih wajah yang ringan dan lembut di kulit seperti HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser

Sabun cuci muka ini telah diformulasikan bebas kandungan SLS (Sodium Lauryl Sulfate), bebas alkohol, paraben, dan pewangi sehingga aman dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit wajah termasuk tipe kulit wajah sensitif. 

2. Pakai Pore Pack

Untuk membersihkan komedo secara cepat kamu bisa menggunakan pore strips atau pore pack. Selain praktis, pore pack sangat mudah dan cepat untuk digunakan. Cukup basahi bagian hidung atau kulit yang terdapat komedo. Setelah itu, tempel pore strips dan rekatkan selama 10-15 menit. 

Kemudian, tarik plester jika sudah kaku atau kering. Saat menarik pore pack, lakukan secara pelan-pelan mulai dari bagian bawah sampai ke atas. 

3. Gunakan Cleansing Oil

Untuk membersihkan wajah sekaligus mencegah timbul masalah komedo, kamu bisa menggunakan facial oil atau cleansing oil. Produk satu ini bisa membantu membersihkan pori-pori dari kotoran hingga minyak di wajah. 

Hal ini terjadi karena produk berbasis minyak lebih efektif dan mudah digunakan. Jika kulit dan pori-pori tampak bersih, hal ini bisa mencegah munculnya komedo baru di wajah.

4. Eksfoliasi Wajah 

Cara selanjutnya untuk membersihkan dan mencegah komedo di wajah adalah dengan melakukan eksfoliasi atau pengelupasan pada kulit wajah. Dengan cara ini, kamu bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit agar pori-pori tidak tersumbat dan menyebabkan timbulnya komedo. 

Pada dasarnya, kulit wajah bisa melakukan pengelupasan kulit secara alami. Namun proses ini tidak melulu berjalan dengan sempurna, sehingga bisa meninggalkan sel-sel kulit mati di permukaan kulit.

Untuk melakukan eksfoliasi, kamu bisa melakukan secara fisik menggunakan scrub. Namun, jika kamu punya tipe kulit sensitif sebaiknya lakukan eksfoliasi secara kimiawi menggunakan bahan aktif seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid).

Kemudian lakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Lakukan Terapi Uap

Selain melakukan eksfoliasi wajah, cara membersihkan komedo di wajah bisa dengan melakukan terapi uap. Dengan terapi uap maka bisa membantu membuka pori-pori di wajah sehingga kotoran atau sel kulit mati yang tersumbat bisa terangkat. Selain itu, pori-pori di wajah menjadi lebih bersih.

Untuk melakukan terapi uap hal yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan air rebusan di baskom. Kemudian tundukkan kepala di atas baskom sampai uap menyentuh wajah kamu. 

Setelah itu, diamkan selama 5-10 menit sebelum kamu melanjutkan perawatan kulit selanjutnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lakukan terapi uap ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

6. Oleskan Clay Mask

Untuk membersihkan pori-pori yang bisa menyebabkan komedo di wajah, kamu bisa menggunakan masker wajah. Jenis masker yang bisa digunakan adalah clay mask. Pasalnya masker ini mengandung sulfur yang bisa membantu proses regenerasi sel kulit mati yang dapat menyebabkan terbentuknya komedo di wajah. 

Ketika menggunakan masker, pastikan kamu sudah membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka yang lembut di kulit. Setelah itu, pakai masker ke seluruh wajah kecuali mata, hidung, dan mulut. Lakukan proses ini selama sekitar 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan masker secara perlahan menggunakan air hangat.

7. Menggunakan Krim untuk Atasi Komedo

Cara selanjutnya untuk membersihkan komedo membandel adalah menggunakan krim yang dapat menghilangkan komedo. Krim atau pelembap yang bisa mengatasi komedo biasanya mengandung bahan-bahan seperti retinoid, benzoil peroksida, dan asam azelaic. 

Berikut ini beberapa manfaat bahan aktif yang terdapat pada krim atau pelembap, yaitu:

  • Retinoid dapat membantu mencegah pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel kulit mati
  • Asam azelaic dapat membantu membunuh bakteri sekaligus mengangkat sel kulit mati. 
  • Benzoil peroksida bisa digunakan dalam mencegah peradangan dan membunuh bakter. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan komedo membandel di wajah. Apabila cara di atas belum mampu mengatasi permasalah komedo kamu, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat dalam mengatasi komedo di wajah.

Baca Juga: