Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Bebas Kusam, Ini 10 Cara Menjadikan Kulit Tampak Glowing dan Sehat

Bebas Kusam, Ini 10 Cara Menjadikan Kulit Tampak Glowing dan Sehat

Memiliki kulit yang sehat dan tampak glowing menjadi impian sebagian besar orang. Untuk mendapatkan kulit glowing dan sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Yuk, simak langkah-langkah menjadikan kulit kusam tampak lebih glowing di artikel ini!

Bagaimana Cara Menjadikan Tampilan Kulit Lebih Glowing?

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan kulit kusam menjadi lebih glowing dan sehat:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Mencuci muka merupakan langkah awal untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing. Namun, cara ini hanya perlu dilakukan dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Selain itu, perlu membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah yang gentle untuk kulit. 

Misalnya HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser yang mengandung ekstrak sarang burung walet 1000 ppm. Selain itu, diperkaya dengan kandungan niacinamide 2% untuk mencerahkan kulit, empat jenis hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan kulit, dan phytosqualane untuk elastisitas kulit wajah.

Tidak hanya itu, pembersih ini juga diformulasikan dengan kandungan ekstrak chamomile yang dapat menenangkan kulit wajah yang kemerahan dan sensitif. 

Untuk pemilik kulit sensitif, HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser bebas kandungan alkohol dan SLS, sehingga tidak menyebabkan kulit terasa kering setelah dibersihkan.

2. Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Untuk melakukan eksfoliasi ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu menggunakan eksfoliator kimiawi dengan kandungan glycolic acid untuk mengangkat sel-sel mati sekaligus mencerahkan kulit wajah.

Selain itu, bisa juga menggunakan scrub wajah sebanyak 2-3 kali seminggu. Namun, bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan cara satu ini untuk mencegah kulit iritasi. Sebagai alternatif, bisa menggunakan eksfoliator kimia untuk menghindari iritasi pada kulit.

Walau eksfoliasi baik untuk mencerahkan kulit wajah. Namun, hindari melakukan proses ini secara berlebih agar kulit tidak semakin kering atau teriritasi.

3. Gunakan Serum untuk Mencerahkan Wajah

Penggunaan serum wajah yang mengandung vitamin C dapat membantu kulit wajah lebih cerah. Mengingat, seiring bertambahnya usia seseorang produksi kolagen juga ikut berkurang sehingga membuat kulit kehilangan elastisitasnya. 

Oleh karena itu, menggunakan serum untuk mencerahkan wajah bisa membantu menjadikan kulit tampak lebih glowing

4. Melembapkan Kulit secara Teratur

Jarang mengoleskan pelembap atau bahkan tidak menggunakan pelembap dapat membuat kulit terasa kering. Selain kulit terasa kering, melupakan pelembap wajah juga bisa menjadikan kulit kusam atau muncul kerutan. 

Untuk itu, menggunakan pelembap wajah sangatlah penting untuk menjadikan tampilan kulit lebih bercahaya atau glowing

5. Melindungi Kulit Wajah dari Sinar UV

Menggunakan sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Kulit yang sering terpapar sinar matahari tanpa menggunakan sunscreen bisa menyebabkan masalah baru seperti muncul bintik hitam dan kulit wajah menjadi tampak kusam atau gelap.

6. Perbanyak Minum Air Putih dan Hindari Alkohol

Tubuh membutuhkan asupan air yang cukup agar tetap terhidrasi dan sehat. Berdasarkan penelitian, minum lebih banyak air bisa membantu meningkatkan penampilan kulit dan membantu fungsi kulit yang lebih baik. 

Selain memperbanyak minum air, kamu juga perlu menghindari konsumsi minuman alkohol sebab minuman satu ini bisa memperburuk kondisi kulit seperti menyebabkan kemerahan di wajah, infeksi kulit, hingga rosacea. 

7. Mendapatkan Tidur yang Cukup

Istirahat malam merupakan obat anti-penuaan yang paling hemat biaya untuk mendapatkan kulit glowing. Hal tersebut terjadi karena produksi kolagen dapat meningkat ketika kamu tidur di malam hari. 

Selain itu, mendapatkan tidur malam yang cukup juga dapat mengurangi lingkar hitam di area bawah mata dan menjadikan kulit terasa lebih kenyal.

8. Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Menjalani pola hidup sehat dapat menjadi kunci dalam mengurangi jerawat sekaligus menjaga kesehatan kulit wajah. Selain itu, memperbanyak asupan makanan yang kaya akan sumber antioksidan dan asam lemak seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Dengan begitu, kulit wajah akan tampak lebih sehat dan cerah berseri.

9. Menambah Asupan Vitamin

Mengonsumsi vitamin seperti vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas dan peradangan. Sedangkan mengonsumsi vitamin C dan vitamin A dapat membantu mencerahkan kulit serta meningkatkan produksi kolagen dan elastin kulit. 

Jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat dan glowing, kamu bisa mencoba menambahkan asupan vitamin ke dalam aktivitas sehari-hari.

10. Hindari Rokok

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan pembuluh darah di lapisan luar kulit menjadi sempit, yang pada akhirnya dapat mengurangi aliran darah ke kulit. Padahal sirkulasi darah sendiri sangat penting dalam membantu meningkatkan produksi kolagen. 

Tanpa itu, kulit kamu bisa tampak kusam dan pucat. Untuk itu, menghindari atau mengurangi kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan kulit sangatlah penting.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, tampak cerah dan glowing

Baca Juga: