Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Cara Menghilangkan Bintik Hitam untuk Cegah Tanda Penuaan Dini

Cara Menghilangkan Bintik Hitam untuk Cegah Tanda Penuaan Dini

Muncul bintik hitam di wajah dapat menjadi tanda kulit mengalami penuaan dini. Apabila dibiarkan begitu saja, hal ini dapat mengganggu tampilan wajah hingga mengurangi rasa percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena masalah noda hitam bisa dicegah dan diatasi. Untuk itu, yuk simak artikel ini untuk mengetahui cara menghilangkan bintik hitam di wajah!

Apa penyebab muncul bintik hitam di wajah?

Walau flek hitam ini tidak membahayakan kesehatan kulit, namun bagi sebagian besar orang kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri. Flek hitam atau noda hitam merupakan hasil dari adanya hiperpigmentasi akibat kulit mengalami produksi melanin dalam jumlah banyak dibandingkan bagian kulit lainnya. Munculnya hiperpigmentasi dapat terjadi akibat berbagai faktor di antaranya sebagai berikut:

1. Paparan Sinar UV

Semakin bertambahnya usia seseorang, flek hitam di wajah akan lebih mudah muncul akibat terkena paparan sinar ultraviolet. Selain itu, kondisi ini bisa semakin parah apabila kamu tidak menggunakan sunscreen atau tabir surya secara teratur setiap pagi atau siang hari.

2. Masalah kulit

Ada kondisi penyakit kulit yang bisa menjadi penyebab munculnya noda hitam di wajah. Beberapa penyakit yang memicu flek hitam, yaitu:

  • Melasma atau chloasma
  • Poikiloderma of Civatte
  • Erythromelanosis follicularis
  • Melanosis Riehl
  • Linea nigra

3. Perubahan Hormon

Tubuh dapat mengalami perubahan hormon pada kondisi tertentu. Misalnya ketika wanita hamil atau menstruasi maka sering terjadi perubahan hormon estrogen. Adanya perubahan hormon ini dapat memengaruhi produksi melanin di kulit sehingga muncul flek hitam di wajah. 

4. Penggunaan obat-obatan

Menjalani pengobatan tertentu dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari atau biasa dikenal sebagai fotosensitifitas. Beberapa contoh obat yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam di wajah, yaitu obat antikonvulsan, amiodarone, dan sulfonamida untuk mengobati infeksi. 

5. Faktor lingkungan

Letak geografis dan lingkungan dapat menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah. Misalnya orang yang tinggal di sekitar garis khatulistiwa akan memiliki lebih banyak melanin akibat respons tubuh akibat sinar matahari. 

6. Kondisi kesehatan tertentu

Orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu akan lebih rentan mengalami flek hitam. Kondisi tertentu yang bisa menyebabkan munculnya noda hitam, misalnya pengidap hemokromatosis, pengidap penyakit hati, pengidap addison, dan pengidap hemokromatosis.  

Cara menghilangkan bintik hitam di wajah

Berikut ini cara untuk memudarkan dan mencegah masalah bintik hitam di wajah yang bisa kamu lakukan:

1. Rutin mengoleskan sunscreen 

Penggunaan tabir surya dapat menjadi salah satu cara efektif dalam mencegah munculnya flek hitam. Apalagi jika kamu sering beraktivitas di bawah atau terkena paparan sinar UV secara langsung. 

Sunscreen dapat membantu melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet A dan B. Oleh karena itu, gunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 sebelum kamu keluar dan beraktivitas di pagi hari. 

Selain menggunakan di pagi hari, oleskan sunscreen setelah beberapa jam terkena sinar matahari. Apalagi jika kamu banyak berkeringat sehingga menyebabkan tabir surya lebih cepat luntur.

2. Melakukan eksfoliasi secara kimia

Penggunaan produk chemical exfoliating dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan memudarkan flek hitam di lapisan atas kulit. Melakukan eksfoliasi menggunakan bahan-bahan kimia bisa meminimalisir kulit iritasi, terutama pada pemilik kulit sensitif yang rentan mengalami iritasi. 

Eksfoliasi secara kimiawi dapat dilakukan dengan produk skincare yang mengandung bahan-bahan seperti alpha hydroxy acid (AHA), azelaic acid, beta hydroxy acid (BHA), glycolic acid, lactic acid, mandelic acid, dan salicylic acid.

3. Penggunaan retinol

Produk yang mengandung retinol atau retin-A mengandung asam retinoat. Kandungan tersebut dapat menjadi alternatif untuk membantu mempercepat pengelupasan kulit, meningkatkan pergantian sel, dan mempercepat regenerasi kulit baru yang lebih sehat.

Namun, perlu diketahui bahwa kandungan ini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan skincare berbahan retinol di malam hari dan tidak lupa untuk menggunakan sunscreen di pagi atau siang hari.

4. Gunakan serum dan pelembap untuk mencerahkan

Serum dan pelembap wajah yang mengandung bahan pencerah wajah dapat membantu memudarkan bintik hitam di wajah. Beberapa kandungan skincare yang bisa bantu mencerahkan atau memudarkan bintik hitam, yaitu niacinamide, alpha arbutin, kojic acid, dan lainnya. 

Contoh serum dan pelembap untuk mencerahkan kulit yang bisa kamu coba adalah GLOW GET IT! Brightening Serum dan HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream. Selain mengandung ekstrak sarang burung walet, kedua produk tersebut juga dilengkapi dengan kandungan niacinamide yang bisa membantu memudarkan bintik hitam sehingga kulit wajah tampak lebih cerah dan bercahaya, namun tetap memberikan kelembapan di wajah.

Produk-produk tersebut telah mendapatkan sertifikasi halal dan BPOM, serta telah diuji oleh dermatologis sehingga aman untuk semua jenis kulit. Selain itu, kandungannya juga bebas dari bahan-bahan yang bisa memicu iritasi seperti paraben, SLS, alkohol, SLS. Kemudian formulasinya juga tanpa tambahan fragrance dan sudah non-comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori penyebab komedo.

Nah, itulah beberapa penyebab muncul bintik hitam dan cara menghilangkan masalah bintik hitam di wajah yang bisa dicoba. Jika kamu tertarik untuk melakukan cara di atas atau ingin mencoba produk Skindoze, kamu bisa pesan sekarang juga!

Artikel Lainnya: