Skip to main content
  • English
  • Indonesia

7 Tahapan Skincare Malam yang Tepat untuk Dapatkan Kulit Sehat

7 Tahapan Skincare Malam yang Tepat untuk Dapatkan Kulit Sehat

Melakukan perawatan kulit setelah beraktivitas seharian sangat penting agar kulit tetap sehat. Namun, tahapan skincare untuk malam dan pagi memiliki beberapa perbedaan. Lalu, bagaimana urutan skincare malam yang tepat? Simak pembahasan di artikel ini!

Mengenal Tahapan Pemakaian Skincare Malam yang Tepat

Penggunaan skincare untuk pagi dan malam hari memiliki beberapa perbedaan. Oleh karena itu, berikut ini urutan cara pakai skincare malam yang bisa kamu lakukan:

1. Tahapan I: Membersihkan Wajah

Menghilangkan semua kotoran dan sebum (minyak) berlebih di wajah sangat penting agar penggunaan produk skincare setelahnya bisa bekerja dan meresap dengan baik. 

Jika kamu menggunakan makeup seperti BB cream, foundation, dan lainnya, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan oil cleanser. Produk pembersih berbahan dasar minyak seperti cleansing oil atau cleansing balm dapat membersihkan sekaligus mengangkat makeup, kotoran, dan minyak di wajah secara lembut dan cepat. 

Setelah selesai menghapus riasan wajah, kotoran, dan sebum di wajah, kamu bisa membilasnya dengan air. Kemudian lanjut membersihkan wajah dengan produk pembersih berbahan dasar air atau water-based cleanser.

Apabila kamu tidak sedang memakai riasan di wajah yang terlalu berat, kamu bisa melewati tahap oil cleanser dan langsung menggunakan facial wash. Ketika membersihkan wajah, pastikan kamu mencari pembersih yang gentle, tidak mengiritasi mata, dan tidak membuat kulit terasa kering dan kencang. Namun, tetap efektif dan mudah saat menghilangkan kotoran di kulit. 

Kamu bisa pilih pembersih wajah dalam bentuk apa pun, mulai dari milk foam, foam, hingga gel selama memiliki kriteria di atas. Apabila kamu mencari pembersih wajah dengan kriteria di atas, kamu bisa mencoba HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser.

Pembersih wajah ini telah diformulasikan tanpa tambahan alkohol, bebas SLS, pewangi, dan paraben sehingga aman untuk semua jenis kulit, termasuk ramah untuk kulit sensitif. 

Diperkaya dengan ekstrak sarang burung walet 1000 ppm by Realfood, niacinamide 2%, dan empat jenis hyaluronic acid sehingga kulit wajah tampak cerah, lembut, dan lembap setelah dibersihkan. Namun, kulit wajah tetap terasa bersih.

2. Tahap II: Eksfoliasi

Setelah membersihkan wajah, tahap selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi. Tahap ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit wajah. 

Untuk melakukan eksfoliasi ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu menggunakan scrub wajah (physical exfoliant) atau chemical exfoliant

Jika kamu punya kulit yang sensitif dan kering, sebaiknya hindari melakukan eksfoliasi menggunakan scrub. Apabila kamu menggosok terlalu keras, maka kulit bisa rusak atau iritasi.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa pilih chemical exfoliant yang menggunakan bahan-bahan kimia seperti BHA (salicylic acid) atau AHA (lactic acid, glycolic acid, mandelic acid) untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. 

Perlu diingat, tahapan ini tidak bisa dilakukan setiap hari untuk mencegah kulit iritasi. Lakukan eksfoliasi setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu.

3. Tahap III: Toner atau Essence 

Usai membersihkan wajah atau eksfoliasi, tahap skincare malam selanjutnya adalah menggunakan toner dan serum wajah. Kamu bisa mulai dari produk dengan tekstur yang lebih ringan dan cair seperti toner atau essence sebelum lanjut menggunakan serum. 

Penggunaan toner atau essence dapat membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit setelah dibersihkan. Saat menggunakan toner atau essence, carilah produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu. 

Setelah itu, tuangkan produk ke telapak tangan. Kemudian tepuk-tepuk wajah hingga leher secara lembut. Selain cara itu, kamu juga bisa menuangkan produk ke kepas dan mengusapkan ke kulit secara perlahan untuk mencegah kulit tertarik.

4. Tahap IV: Serum

Selesai menggunakan toner atau essence, kamu bisa lanjut ke tahap serum. Berbeda dari produk sebelumnya, serum dirancang menggunakan bahan aktif yang lebih terkonsentrasi untuk bisa mengatasi berbagai masalah kulit yang ditargetkan.

Berikut ini beberapa jenis serum berdasarkan manfaat dan kandungannya, yaitu:

  • Untuk jerawat: mengandung BHA dan AHA
  • Untuk anti-aging: retinol dan peptida
  • Untuk mencerahkan wajah: niacinamide, vitamin C, dan alpha arbutin

Untuk menggunakan serum, kamu cukup menuangkan beberapa tetes ke telapak tangan, kemudian oles dan ratakan ke wajah secara lembut agar cepat meresap.

5. Tahap V: Krim Mata

Kulit di sekitar area mata lebih tipis dan cenderung sensitif dibandingkan area kulit lainnya. Oleh karena itu, penggunaan krim mata sangat penting pada tahapan skincare malam. 

Penggunaan eye cream dapat membantu mengatasi masalah di area mata seperti garis halus, lingkaran hitam, dan lainnya. Kamu bisa mengoleskan krim mata dan cukup ambil krim sebesar kacang hijau, lalu ratakan di bawah kelopak dan mata. Lakukan secara perlahan dan hindari menarik terlalu kencang.

6. Tahap VI: Moisturizer

Tahapan selanjutnya yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan pelembap wajah. Moisturizer dapat berperan dalam membantu menjaga kelembapan dan hidrasi pada kulit wajah. 

Kamu bisa pilih pelembap dengan berbagai tekstur mulai dari krim, gel yang ringan, atau gabungan keduanya, yaitu water cream. Pilihlah pelembap wajah berdasarkan dengan jenis kulit kamu. 

Jika tipe kulitmu itu kering, pilih pelembap bertekstur krim. Sedangkan tekstur gel bisa digunakan untuk kulit berminyak atau kombinasi. Sedangkan kulit normal bisa menggunakan krim jenis apa pun.

7. Tahap VII: Sheet Mask atau Sleeping Mask

Penggunaan sheet mask atau sleeping mask sebenarnya opsional. Kamu bisa mencoba atau melewatkannya. Kedua produk ini bisa dipakai pada urutan terakhir setelah moisturizer dan tidak perlu dibilas lagi. 

Nah, itulah tujuh tahapan skincare malam yang bisa kamu lakukan saat melakukan perawatan kulit di malam hari. Selain mengenali urutan penggunaan produk yang tepat, kamu juga perlu mengenali kondisi kulit yang ada sehingga tidak salah dalam memilih produk skincare.

Baca Juga: