Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Mengenal Essence untuk Perawatan Wajah hingga Cara Menggunakannya

Mengenal Essence untuk Perawatan Wajah hingga Cara Menggunakannya

Tahukah kamu, essence pertama kali masuk dan diperkenalkan ke pasar skincare sejak 1897? Serupa dengan serum, produk perawatan kulit satu ini diformulasikan untuk menargetkan masalah tertentu seperti kulit kering, jerawat, dan anti-aging. 

Namun, essence dan serum merupakan kedua produk yang berbeda. Nah, untuk mengenali lebih jauh mengenai essence, yuk simak pembahasan lengkap soal essence, manfaat, hingga cara pakainya di artikel ini!

Apa itu essence?

Essence adalah produk perawatan kulit berbahan dasar air yang mengandung bahan aktif dengan konsentrat yang tinggi. Produk ini dapat membantu memberikan kelembapan, melindungi kulit, hingga meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, berikut beberapa bahan-bahan yang umum ditemukan dalam produk essence, yaitu:

  • Air (water) merupakan bahan dasar essence yang berguna untuk menghidrasi kulit
  • Glycerin atau glycol adalah bahan pelembap yang dapat mengunci kelembapan kulit
  • Hyaluronic acid berguna untuk mengencangkan kulit dan melembapkan wajah
  • Ekstrak tanaman yang mengandung antioksidan berguna sebagai anti-peradangan
  • Lipid, mineral, dan vitamin berfungsi untuk menutrisi dan mengencangkan sel-sel kulit 

Apa manfaat essence untuk kulit wajah?

Essence bermanfaat untuk membantu memberikan kelembapan pada wajah. Selain manfaat itu, produk ini juga memiliki manfaat lain sesuai dengan kandungan di dalamnya. Misalnya, essence yang mengandung hyaluronic acid dapat berguna untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi kulit dari bakteri, dan mengencangkan tekstur kulit. 

Selain manfaat tersebut, essence juga berguna untuk mempersiapkan kulit dalam menerima skincare selanjutnya. Hal tersebut terjadi karena kandungan air yang tinggi dapat membantu penyerapan bahan-bahan aktif secara lebih baik. Dengan begitu, kulit menjadi lebih lembut, sehat, dan bercahaya.

Apakah penggunaan essence dalam perawatan kulit itu penting?

Sampai saat ini tidak ada aturan pasti mengenai apakah perlu atau tidak penggunaan essence dalam perawatan kulit wajah. Selain itu, para ahli juga memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai penggunaan essence. 

Ada ahli yang mengungkapkan bahwa penggunaan essence dapat membantu mempersiapkan kulit wajah sebelum masuk ke tahap skincare selanjutnya. Apalagi jika kamu menggunakan serum yang mengandung bahan aktif seperti produk untuk anti-aging. Selain pendapat tersebut, ada ahli dermatologi yang tidak menyarankan untuk menggunakan terlalu banyak jenis produk skincare secara bersamaan. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya pilih essence sesuai dengan kebutuhan kulit atau produk yang memiliki banyak manfaat dalam satu kemasan seperti DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence. 

Produk tersebut merupakan gabungan dari dua jenis produk, yaitu toner dan essence. Sebagai produk 2in1,  DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence memiliki beberapa manfaat, yaitu membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga membantu penyerapan produk skincare selanjutnya menjadi lebih baik. 

DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence mengandung bahan-bahan hero ingredients, seperti kandungan ekstrak sarang burung walet yang berguna untuk melembapkan kulit wajah, mempercepat penyembuhan luka pada kulit, dan meningkatkan skin barrier.

Kemudian, kandungan niacinamide berguna untuk mencerahkan kulit wajah, mengontrol produksi sebum (minyak) di kulit, dan melindungi skin barrier alami kulit.

Selain menghemat penggunaan produk, DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence juga dapat membantu mempersingkat waktu kamu saat melakukan perawatan kulit.

Bagaimana cara menggunakan essence?

Untuk menggunakan essence, kamu bisa lakukan setelah menggunakan toner atau sebelum serum dan moisturizer. Namun, jika kamu menggunakan Daily Skin Prep! Cooling Toner & Essence, kamu bisa langsung menggunakan toner dan essence secara bersamaan. Hal ini dapat membantu mempersingkat waktu saat melakukan perawatan kulit.

Sebelum menggunakan essence atau Daily Skin Prep! Cooling Toner & Essence, pastikan kondisi kulit kamu bersih dan bebas dari sisa makeup. Untuk membersihkan kulit wajah, kamu bisa menggunakan facial wash yang gentle seperti HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser.

Setelah membersihkan kulit wajah, kamu dapat menuangkan DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence pada telapak tangan atau kapas. Kemudian usapkan secara merata pada kulit wajah dan leher. 

Setelah itu, kamu bisa lanjut ke tahap GLOW GET IT! Brightening Serum dan HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream hingga sunscreen (apabila menggunakan skincare di pagi hari). 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence, sebaiknya gunakan skincare ini secara rutin pada pagi dan malam hari.

Nah, itulah pembahasan mengenai essence hingga cara pakai untuk mendapatkan manfaatnya. Jika tertarik untuk mencoba DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence, kamu bisa pesan di sini

Artikel Terkait Lainnya: