Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Inilah Cara Menggunakan Toner Wajah yang Tepat

Inilah Cara Menggunakan Toner Wajah yang Tepat

Toner wajah merupakan salah satu produk yang sering digunakan dalam perawatan kulit wajah. Terdapat dua jenis toner dengan fungsi yang berbeda. Untuk mengetahui cara menggunakan toner sesuai dengan jenisnya, yuk simak pembahasan lengkap di artikel ini!

Apa itu toner wajah?

Toner wajah adalah produk water-based liquids yang digunakan pada tahap sebelum mengoleskan serum atau pelembap wajah. Awal mula toner digunakan untuk membantu menyeimbangkan pH kulit setelah menggunakan sabun alkali untuk membersihkan kulit wajah. 

Seiring berkembangnya dunia skincare, toner menawarkan lebih banyak manfaat lainnya seperti untuk mengeksfoliasi kulit wajah. Oleh karena itu sebelum kamu mencoba produk ini, sebaiknya kamu mengenali jenis toner dan kegunaanya, serta bagaimana cara menggunakannya.

Jenis toner wajah dan fungsinya

Berikut ini dua jenis toner wajah dan kegunaannya untuk kulit wajah:

1. Hydrating toner

Sesuai dengan namanya, jenis toner ini memiliki fungsi utama untuk melembapkan kulit wajah sekaligus mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare selanjutnya. 

Jika kulit wajah terasa lembap, hal tersebut dapat membantu menyerap bahan-bahan aktif secara lebih baik. Dengan begitu, produk selanjutnya seperti serum, essence, pelembap wajah, dan sunscreen akan terasa lebih maksimal di kulit.

Beberapa bahan aktif yang biasanya terdapat dalam hydrating toner adalah vitamin E, hyaluronic acid, aloe vera, dan bahan-bahan pelembap lainnya. 

Salah satu contoh hydrating toner adalah DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence. Produk satu ini mengandung bahan-bahan yang dapat melembapkan sekaligus menghidrasi kulit wajah seperti ekstrak sarang burung walet by Realfood. 

2. Exfoliating toner

Jenis toner ini memiliki fungsi utama untuk melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit wajah. Exfoliating toner biasanya mengandung bahan aktif seperti AHA (Alpha-hydroxy acid), BHA (Beta-hydroxy acid), dan PHA (Polyhydroxy acid). Jika dibandingkan dengan hydrating toner, jenis toner ini dapat membantu membersihkan wajah secara lebih maksimal.

Bagaimana cara menggunakan toner wajah?

Setelah mengenali jenis toner yang ada, berikut ini tahapan menggunakan toner wajah yang tepat:

Langkah 1: Lakukan double cleanse dengan micellar water atau cleansing oil atau balm. Setelah itu, cuci wajah menggunakan HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser. Lalu pijat secara lembut untuk menghilangkan riasan dan kotoran di wajah. Setelah itu basuh wajah hingga kulit bersih.

Langkah 2: Tuangkan DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence ke telapak tangan atau kapas hingga kulit wajah terasa lembap. 

Langkah 3: Setelah menggunakan toner, kulit sudah siap menyerap produk perawatan kulit selanjutnya. Kamu bisa lanjut menggunakan GLOW GET IT! Brightening Serum dan HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream

Kapan waktu yang tepat memakai toner?

Toner dapat digunakan saat pagi dan malam hari setelah kamu membersihkan wajah. Jika digunakan pada pagi hari, toner dapat membantu mengangkat minyak berlebih di wajah yang menumpuk semalaman. 

Sedangkan jika toner digunakan pada malam hari, toner dapat membantu mengangkat sisa-sisa kotoran, riasan, dan minyak di wajah setelah melakukan aktivitas seharian.

Jika kamu menggunakan toner yang mengandung bahan eksfoliasi seperti AHA atau BHA, sebaiknya gunakan secara bergantian atau seminggu tiga kali. Penggunaan exfoliating toner secara berlebihan dapat menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi atau kering, apalagi bagi pemilik kulit sensitif atau kering.

Perlu diingat, jika kamu menggunakan exfoliating toner di pagi atau siang hari, pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen setelahnya. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir iritasi di kulit wajah.

Apabila kamu menggunakan toner dengan tepat dan rutin, kamu bisa merasakan banyak manfaat seperti kulit terasa lebih lembap, halus, meminimalisir timbulnya jerawat, dan pH kulit wajah lebih seimbang.

Nah, itulah pembahasan mengenai toner wajah mulai dari jenis toner dan fungsinya, cara pakai toner, dan waktu yang tepat untuk menggunakan toner. Apakah kamu tertarik untuk mencoba produk satu ini?

Jika ya, kamu bisa mencoba DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence, produk 2in1 yang bisa dijadikan sebagai toner atau essence sebelum masuk ke tahap serum dan pelembap wajah. 

Toner ini diformulasikan dengan kandungan ekstrak sarang burung walet 4% 1000 ppm (by Realfood), aloe vera, rice bran (oryza sativa extract), hyaluronic acid dan niacinamide yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit wajah. Selain itu, membantu menenangkan kulit kemerahan dan iritasi, serta menghidrasi kulit secara optimal. 

DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence dapat digunakan untuk semua tipe kulit dan aman untuk ibu hamil atau menyusui, serta kulit sensitif karena formulanya bebas alkohol, paraben dan fragrance. 

Tangan dapat menjadi sumber penyebaran virus, bakteri, dan kotoran pada produk skincare. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi produk, DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence memiliki kemasan airless pump agar tidak bersentuhan langsung dengan tangan sehingga higienis produk ini tetap terjaga.

Artikel Lainnya: