Skip to main content
  • English
  • Indonesia

7 Masalah Kulit Wajah yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

7 Masalah Kulit Wajah yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Penggunaan produk wajah yang tidak tepat, bertambahnya usia seseorang, dan faktor lainnya bisa menimbulkan masalah pada kulit wajah. Lantas, apa saja masalah kulit wajah yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak pembahasan lengkap di artikel ini!

Ragam Masalah Kulit Wajah dan Cara Efektif Mengatasinya

Masalah kulit wajah bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri kamu jika tidak diatasi dengan tepat. Berikut ini beberapa permasalahan kulit yang sering terjadi dan cara tepat untuk mengatasinya:

1. Kulit Berjerawat

Jerawat merupakan permasalahan umum yang hampir dialami sebagian besar orang, terutama bagi remaja yang mengalami masa pubertas atau saat datang bulan. Namun tidak hanya remaja, jerawat juga bisa terjadi pada orang di usia 20-an sampai 30-an. 

Masalah jerawat bisa terjadi karena berbagai faktor penyebab di antaranya, yaitu gaya hidup, perubahan hormon, penggunaan produk skincare yang tidak tepat, sampai faktor genetik. 

Apabila jerawat tidak segera diatasi, tentu bisa menimbulkan masalah baru seperti menyebabkan peradangan dan noda hitam bekas jerawat. Untuk mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat. 

Mulai dari minum air putih yang cukup, rutin membersihkan kulit wajah, menggunakan pelembap wajah dan sunscreen untuk mencegah jerawat tidak semakin parah.

Kemudian cari produk perawatan wajah yang bisa mengatasi masalah jerawat seperti salicylic acid. Kandungan satu ini bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit, mencegah munculnya komedo dan blackhead, hingga mengurangi peradangan pada jerawat. 

2. Flek Hitam

Masalah kulit selanjutnya yang umum terjadi adalah hiperpigmentasi atau flek hitam di wajah. Tanda-tanda kulit mengalami hiperpigmentasi adalah ada bintik-bintik atau bercak berwarna gelap di kulit. Muncul flek hitam tidak hanya disebabkan faktor usia seseorang, tapi juga lingkungan misalnya terlalu sering terpapar sinar UVA dan UVB tanpa penggunaan sunscreen

Flek hitam bisa muncul akibat ada penumpukan zat melanin yang terdapat di kulit. Perlu kamu ketahui, zat tersebut berperan dalam pembentukan warna pigmen di kulit. Apabila terjadi produksi melanin secara berlebih, hal itu justru bisa menimbulkan bintik hitam di kulit.

Muncul flek hitam tersebut bisa mengganggu penampilan seseorang, menurunkan rasa percaya diri, dan lainnya. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Masalah flek hitam masih bisa diatasi dan dicegah dengan melakukan beberapa hal seperti rutin menggunakan sunscreen di pagi dan siang hari, melakukan eksfoliasi dan menggunakan produk skincare yang dapat menghambat produksi melanin.

3. Warna Kulit yang Tidak Rata

Punya kulit yang tidak merata bisa menjadi masalah kulit yang sering dialami hampir banyak orang. Masalah satu ini bisa terjadi akibat berbagai faktor, seperti faktor usia, hormon, penggunaan produk skincare atau kosmetik tertentu, hingga paparan sinar UV. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan sunscreen pada pagi dan siang hari untuk memberikan perlindungan pada kulit dari cahaya matahari. Kemudian rutin melakukan eksfoliasi kulit untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit sehingga warna kulit lebih rata. 

Selain itu, gunakan produk perawatan kulit yang dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit seperti retinol, vitamin C, dan niacinamide. Salah satu produk skincare yang bisa membantu meratakan warna kulit sekaligus mencerahkan adalah HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream

Pelembap satu ini diperkaya dengan bahan aktif untuk mencerahkan sekaligus melembapkan seperti ekstrak sarang burung walet, niacinamide 2%, bisabolol, dan rice bran extract. Apabila kamu menggunakan pelembap ini secara rutin, kulit wajah akan tampak lebih sehat, lembap, dan cerah.

4. Milia

Benjolan kecil berwarna putih atau sesuai dengan warna kulit, namun bukan jerawat bisa menandakan kulit wajah kamu terdapat milia. Perlu kamu ketahui, milia adalah kista yang berisi keratin dan terbentuk di bawah kulit. 

Milia bisa muncul di area wajah seperti hidung, mata, dan dagu. Masalah kulit satu ini bisa muncul akibat beberapa faktor seperti penyumbatan saluran keringat, kulit wajah yang tidak dibersihkan dengan tepat, dan kurang tidur. 

Untuk mengatasi dan mencegah timbul milia pada kulit kamu bisa melakukan beberapa cara seperti menggunakan sunscreen, membersihkan kulit wajah dengan menggunakan metode double cleansing, hingga melakukan eksfoliasi wajah secara rutin untuk membantu meregenerasi sel kulit.

5. Kulit Kering

Masalah kulit kering dapat terjadi akibat kulit tidak mendapatkan hidrasi yang cukup sehingga kulit terasa kering dan bersisik. Untuk mengatasi masalah kulit kering, beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan pelembap sesuai dengan jenis kulit, perbanyak konsumsi air putih, hindari terkena sinar matahari terlalu lama, hingga perbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

6. Kerutan dan Garis Halus

Garis halus dan kerutan dapat menjadi tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Masalah kulit satu ini bisa ditandai dengan timbul garis halus yang semakin banyak dan kerutan di wajah semakin tampak jelas. 

Faktor penyebab kulit mengalami garis halus dan kerutan di antaranya, yaitu kulit tidak mendapatkan hidrasi yang baik, terpapar sinar UV, hingga kurang berolahraga. Untuk mengatasi dan mencegah masalah ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Mulai dari gunakan sunscreen wajah saat pagi dan siang hari, menggunakan pelembap, tidur yang cukup, penuhi kebutuhan asupan air di tubuh, hingga perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

7. Kulit Kusam

Masalah kulit kusam merupakan persoalan kulit yang umum terjadi. Terutama bagi kamu yang sering beraktivitas di luar, lalu sering terpapar sinar UVA dan UVB, debu, hingga polusi.

Untuk mengatasi masalah kulit kusam ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan, yaitu rutin melakukan eksfoliasi seminggu 2-3 kali, membersihkan wajah secara tepat, menggunakan tabir surya, hingga konsumsi air putih yang cukup.

Nah, itulah beberapa masalah kulit wajah dan cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan. Merawat kulit wajah sejak dini tidak hanya mencegah timbulnya permasalahan kulit, namun juga menjaga dan menjadikan kulit kamu lebih sehat, tampak bercahaya, dan terasa lebih lembut, serta terhidrasi.

Baca Juga: