Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Yuk, Kenali Penyebab dan Bahaya Kulit Kering Serta Cara Mengatasinya!

Yuk, Kenali Penyebab dan Bahaya Kulit Kering Serta Cara Mengatasinya!

Kulit membutuhkan air dan minyak alami agar tetap lembut, elastis, dan kenyal. Tanpa kelembapan dan minyak alami, kulit bisa kering. Kulit yang kering akan terasa gatal, kasar, dan bersisik. 

Jika kondisi seperti itu tidak segera diatasi, hal ini bisa menimbulkan masalah baru pada kulit seperti perlindungan kulit menurun, tampak kusam, dan penampilan kurang menarik. Untuk mengatasi masalah tersebut, yuk simak pembahasan kulit kering dan cara mengatasinya di artikel ini!

Apa Penyebab Kulit Kering?

Kondisi kulit kering sering terjadi akibat hilangnya air dari lapisan kulit yang disebabkan beberapa faktor berikut:

1. Penuaan

Seiring bertambahnya usia seseorang, kulit akan menipis dan menghasilkan lebih sedikit minyak alami yang dibutuhkan kulit untuk menahan air. Oleh karena itu, penuaan bisa menjadi penyebab masalah kulit kering.

2. Produk Pembersih yang Terlalu Keras

Menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan terlalu keras bisa menghilangkan kelembapan di kulit sehingga minyak alami di kulit ikut menghilang atau terangkat.

3. Lingkungan

Tinggal di lingkungan yang memiliki tingkat kelembapan yang rendah bisa menyebabkan kondisi kulit menjadi kering. Umumnya, kulit kering lebih sering terjadi dalam kondisi dingin atau berangin.

4. Perawatan Medis

Kondisi kulit seperti eksim atau dermatitis kontak bisa menjadi pemicu masalah kulit kering. Selain itu, kulit kering juga dapat terjadi akibat penggunaan obat tertentu saat menjalani pengobatan.

5. Scrubbing atau Terlalu Lama Mandi

Terlalu sering mandi atau berendam di air hangat dalam waktu lama bisa membuat kulit kamu kering. Selain itu, kebiasaan scrubbing atau menggosok kulit secara berlebihan bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak alami di kulit. 

Padahal minyak alami pada kulit berguna untuk menjaga kelembapan di kulit hingga memperlambat proses penuaan dini.

Bahaya Kulit Kering

Kulit kering yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan masalah baru. Beberapa bahaya kulit kering yang mungkin terjadi, yaitu:

1. Penampilan Kurang Menarik

Kulit kering memiliki tekstur kaku, kasar, dan tidak kenyal. Kondisi seperti itu bisa membuat tampilan kurang menarik akibat permukaan kulit yang kasar dan kusam. 

2. Penuaan Dini

Proses penuaan dapat terjadi lebih cepat pada kulit kering. Hal tersebut bisa menyebabkan muncul garis-garis halus pada kulit seperti keriput dan kerutan. 

3. Perlindungan Kulit Menurun

Kulit kering cenderung lebih sensitif dan rentan terhadap zat pemicu alergi dan iritasi yang terdapat pada produk skincare atau kosmetik. Hal ini terjadi karena kemampuan kulit dalam memberikan perlindungan menurun. 

4. Rentan Terhadap Kuman Penyakit

Kulit kering lebih mudah terkena kuman penyebab penyakit akibat fungsi kulit untuk memberikan perlindungan tidak bisa berfungsi dengan baik.

5. Menimbulkan Rasa Gatal

Kondisi kulit yang kering bisa menimbulkan peradangan yang menyebabkan rasa gatal pada kulit. Walau peradangan ini awalnya bersifat ringan, namun bisa menimbulkan rasa gatal yang akhirnya memicu kerusakan pada kulit akibat garukan.

6. Mudah Luka 

Gesekan yang terjadi pada kulit kering bisa menyebabkan luka pada kulit. Itu bisa terjadi akibat kulit tidak memiliki lapisan yang dapat melindungi kulit dari gesekan atau benturan padai kulit.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Kulit Kering?

Kulit kering dapat menimbulkan banyak bahaya, jika tidak segera diatasi. Berikut ini cara mengatasi kulit kering yang aman dan mudah:

1. Pakai gentle cleanser

Membersihkan wajah menggunakan sabun yang lembut seperti sabun bebas pewangi, bebas alkohol, atau zat pemicu alergi. Jenis pembersih wajah ini bisa membersihkan wajah secara lembut sambil menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Selain itu, pembersih seperti ini juga aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. 

Jika kamu mencari gentle cleanser, kamu bisa mencoba pembersih wajah dari Skindoze, yaitu HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser. Pembersih satu ini memiliki formula bebas SLS, pewangi, dan alkohol sehingga aman dan lembut untuk semua jenis kulit. Kandungan ekstrak chamomile di dalamnya dapat membantu menenangkan kulit wajah. 

Dilengkapi dengan niacinamide 2% sehingga kulit wajah tidak hanya bersih, tapi juga tampak lebih cerah. Selain itu, mengandung empat jenis hyaluronic acid yang dapat memberi kelembapan pada kulit wajah. 

2. Gunakan Pelembap

Penggunaan moisturizer bisa membantu menjaga skin barrier tetap sehat sehingga mampu melindungi kulit dari kuman penyebab penyakit dan zat pemicu alergi. Kamu bisa menggunakan moisturizer yang mengandung bahan-bahan pelembap seperti HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream

Pelembap bertekstur water cream ini diperkaya dengan ekstrak sarang burung walet, niacinamide, rice bran extract, dan bisabolol. Dengan kandungan tersebut, tidak hanya mampu menjaga kelembapan kulit, tapi juga memberikan efek mencerahkan dan menenangkan kulit yang sensitif dan kemerahan. 

Pelembap ini nyaman digunakan untuk semua jenis kulit karena tidak memberikan kesan greasy dan mudah menyerap pada permukaan kulit. Kemudian pelembap ini memiliki formula bebas kandungan berbahaya dan bisa menjadi penyebab kulit iritasi dan sensitif seperti alkohol, paraben, pewangi, dan SLS.

Untuk penggunaan pelembap, sebaiknya segera oleskan setelah kamu selesai membersihkan wajah. 

3. Perbanyak Minum Air Putih

Selain menjaga kelembapan kulit dari luar dengan menggunakan produk perawatan kulit wajah, kamu juga perlu menjaga dari dalam seperti memenuhi asupan air putih. Memperbanyak asupan air dapat membantu menghidrasi kulit. 

Selain itu, memenuhi asupan air yang cukup bisa membantu mengendalikan kadar air yang hilang di permukaan kulit. Sesuai anjuran minum, kamu bisa minum air sebanyak delapan gelas atau setara dengan 2 liter air setiap hari.

Nah, itulah tiga cara mudah untuk membantu mengatasi masalah kulit kering. Dengan melakukan cara di atas, kulit kering bisa segera diatasi sehingga kamu bisa mendapatkan kulit sehat seperti yang diinginkan. 

Jika cara di atas masih belum cukup dan masalah kulit kering sulit diatasi, sebaiknya segera kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: