Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Cara Menghilangkan Komedo dengan Skincare hingga Terapi Uap

Cara Menghilangkan Komedo dengan Skincare hingga Terapi Uap

Timbulnya komedo di wajah tidak hanya mengurangi rasa percaya diri, tetapi juga bisa menjadi pemicu masalah baru pada kulit seperti jerawat. Untuk itu, yuk simak artikel cara menghilangkan komedo dengan aman, cepat, dan mudah di artikel ini!

Tips Menghilangkan Komedo yang Aman dan Mudah

Penumpukan sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih di wajah bisa menjadi penyebab timbulnya komedo, baik komedo hitam (blackhead) atau komedo putih (whitehead). Untuk mengatasinya, berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan dan mencegah komedo di wajah:

1. Pakai Cleansing Oil

Sebagai first cleanser, penggunaan cleansing oil sebelum mencuci wajah menggunakan facial wash dapat membantu menghilangkan komedo. Hal ini lantaran produk cleansing oil berbasis minyak lebih mudah dan efektif dalam membersihkan pori-pori serta mengangkat tumpukan sebum (minyak) di wajah. Selain membersihkan, produk satu ini juga bisa memberikan kelembapan jika mengandung bahan-bahan pelembap di dalamnya.

2. Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin bisa membantu mencegah timbulnya komedo di wajah. Sebab ketika kamu membersihkan wajah maka kotoran, debu, hingga minyak berlebih akan ikut terangkat sehingga penyumbatan pada pori-pori bisa teratasi. 

Namun kamu perlu ingat, walau membersihkan wajah bisa membantu menghilangkan komedo bukan berarti kamu mencuci wajah secara berlebih atau over-cleansing, ya!

Pasalnya, membersihkan wajah secara berlebih juga bisa meningkatkan produksi minyak berlebih. Jika itu terjadi, maka minyak berlebih di wajah bisa kembali menyumbat pori-pori dan berakibat timbulnya komedo baru.

Untuk membersihkan wajah, pastikan kamu menggunakan produk pembersih wajah yang gentle di kulit seperti HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser. Pembersih ini bisa membersihkan kulit hingga ke pori-pori sekaligus melembapkan kulit wajah setelahnya.

3. Gunakan Pore Pack

Penggunaan pore pack atau pore strips bisa menjadi pilihan yang cepat untuk mengangkat komedo di hidung. Selain cepat, penggunaan pore pack juga terbilang mudah dan praktis. Kamu cukup basahi area hidung yang akan ditempel pore pack, kemudian rekatkan produk selama sekitar 10-15 menit. 

Setelah plester terasa kaku dan kering, kamu sudah bisa melepaskannya. Saat menarik, lakukan secara perlahan dari bagian bawah ke atas. Setelah itu, kulit pun akan terasa lebih halus. Cukup mudah bukan?

4. Eksfoliasi 

Cara mudah dan aman untuk menghilangkan komedo selanjutnya adalah melakukan eksfoliasi (pengelupasan) pada kulit. Walau kulit wajah secara alami bisa melakukan proses pengelupasan kulit dengan sendirinya, namun proses tersebut tidak selalu berjalan dengan baik. Karena itu, kamu tetap perlu melakukan eksfoliasi secara rutin.

Proses eksfoliasi sendiri dibagi menjadi dua cara, yaitu secara fisik dengan bantuan scrub atau kimiawi dengan bahan-bahan kimia seperti AHA (alpha hydroxy acid) dan BHA (beta hydroxy acid). 

Apabila kamu memiliki tipe kulit sensitif, sebaiknya lakukan proses eksfoliasi menggunakan bahan-bahan kimia yang terdapat pada produk skincare. Kandungan skincare seperti AHA atau BHA tidak hanya ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, tapi juga menghilangkan komedo membandel di wajah. 

Lakukan proses eksfoliasi sebanyak dua kali dalam seminggu. Kemudian, pastikan kamu menggunakan tabir surya (sunscreen) setelah melakukan eksfoliasi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir iritasi ketika kulit terpapar sinar matahari.

5. Gunakan Clay Mask

Penggunaan masker tanah liat (clay mask) tidak hanya baik untuk mengurangi minyak berlebih di wajah, tapi juga bisa mengangkat komedo di wajah. Pasalnya, masker ini mengandung bahan sulfur yang berguna untuk meregenerasi sel kulit mati, yang menjadi pembentuk komedo. 

6. Pakai Skincare Berlabel Non-comedogenic

Ada banyak pilihan produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Namun, beberapa di antaranya bisa memicu timbulnya komedo di wajah. Untuk mencegah hal itu, kamu perlu cermat dan berhati-hati saat membeli produk perawatan kulit.

Pastikan, kamu membaca komposisi yang terdapat pada kemasan untuk menghindari kandungan yang bisa memicu komedo seperti butter, wax, dan lainnya. Apabila kamu kesulitan memahaminya, kamu bisa mencari produk dengan label non-comedogenic.

Produk berlabel non-comedogenic berarti produk tersebut tidak menyumbat pori-pori di kulit sehingga bisa meminimalisir munculnya komedo di wajah.  

7. Gunakan Produk Berbahan Salicylic Acid

Salicylic acid atau asam salisilat merupakan kandungan skincare yang bisa larut di dalam sebum atau minyak alami kulit. Selain itu, bahan aktif ini juga ampuh untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dan mengontrol jerawat, serta mengurangi peradangan.

Walau produk ini bagus untuk menghilangkan komedo di wajah, sebaiknya kamu tidak berlebihan dalam menggunakannya. Selain itu, imbangi juga penggunaan produk skincare yang bisa melembapkan dan menghidrasi kulit dengan rangkaian produk skincare dari Skindoze. Mengingat, bahan aktif satu ini bisa menyebabkan efek samping seperti menimbulkan iritasi pada kulit, gatal, dan perih. 

8. Melakukan Terapi Uap

Cara menghilangkan komedo yang bisa kamu coba berikutnya adalah dengan melakukan terapi uap. Terapi uap bisa membantu membuka pori-pori sehingga kotoran yang tersumbat jadi lebih mudah dibersihkan. 

Untuk melakukan terapi uap, caranya cukup mudah. Pertama, siapkan wadah berisi rebusan air mendidih. Kemudian, tundukkan kepalan kamu di atas permukaan wadah tersebut sampai uap menyentuh wajah. 

Setelah itu, diamkan sekitar 5-10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggu, ya!

Nah, itulah delapan cara yang aman dan mudah, serta cepat untuk membantu menghilangkan komedo sekaligus mencegah timbulnya komedo di wajah. Apabila cara di atas masih belum cukup untuk mengatasi komedo berlebih pada wajah kamu, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Baca Juga: