Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Kenali 5 Cara Sederhana untuk Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Kenali 5 Cara Sederhana untuk Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Sebelum melakukan perawatan kulit wajah dan menggunakan berbagai jenis skincare, salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah jenis kulit wajah. Hal ini penting diketahui agar tidak salah dalam menggunakan produk perawatan wajah. Lantas, bagaimana cara mengetahui jenis kulit wajah sendiri? Yuk, simak dan kenali caranya pada pembahasan di artikel ini!

Cara Mudah dan Sederhana untuk Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jenis kulit wajah:

1. Mengenal Tekstur Kulit

Untuk mengetahui jenis kulit wajah, kamu bisa memerhatikan tekstur kulitmu. Apabila kulit kamu terasa kenyal dan lembut itu berarti kamu punya tipe kulit normal. Untuk mengetahui hal ini, kamu perlu memerhatikan tekstur kulit sepanjang hari dengan cara berikut:

  • Cuci wajah di pagi hari, lalu tepuk-tepuk menggunakan handuk sampai kulit kering. 
  • Setelah itu, diamkan kulit sepanjang hari tanpa perlu menggunakan produk apa pun. 
  • Setelah itu perhatikan hasilnya.

Apabila kulit tidak kering, tidak iritasi, tidak berminyak, dan tetap terasa lembut itu berarti kamu punya tipe kulit normal. Sementara jika kulit terasa lengket dan bersinar itu berarti tipe kulitmu berminyak. 

Sedangkan jika hanya di area dahi, hidung, dan dagu tampak berminyak, sementara di area pipi dan lainnya kulit terasa kering itu berarti kamu punya kulit kombinasi. Kemudian, jika kulit terasa gatal, kemerahan, hingga meradang itu tanda kamu punya kulit sensitif. 

2. Perhatikan Kulit Setelah Mencuci Wajah

Cara selanjutnya untuk mengenali jenis kulit wajah adalah membersihkan wajah. Langkah ini bisa kamu lakukan setelah seharian beraktivitas. Namun, untuk mendapatkan hasil yang singkat kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Cuci wajah di pagi hari, lalu keringkan wajah dengan menepuk-nepuk handuk pada wajah secara perlahan. 
  • Setelah itu, diamkan wajah selama sekitar 30 menit tanpa menggunakan produk apa pun. 
  • Kemudian, rasakan tekstur kulit dengan mengenali ciri-cirinya seperti pada poin pertama.

3. Cek Menggunakan Kertas Minyak

Untuk mengetahui jenis kulit wajah selanjutnya adalah menggunakan kertas minyak. Cara melakukannya terbilang mudah, cukup tempelkan kertas minyak pada wajah, lalu perhatikan noda minyaknya. Sebelum menempelkan kertas minyak, berikut ini beberapa hal yang perlu kamu lakukan:

  • Cuci muka terlebih dahulu. Lalu diamkan selama sekitar 3 jam tanpa menggunakan produk perawatan kulit apa pun. 
  • Setelah itu, tempelkan kertas minyak dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian lihat hasilnya.

Apabila terdapat minyak pada kertas minyak itu artinya kamu punya jenis kulit berminyak. Sedangkan jika tidak ditemukan minyak, itu berarti kulit kamu normal. 

Sementara jika kertas minyak tidak menempel di wajah berarti kulit kamu tipe kulit kering. Namun, jika ditemukan minyak di beberapa area seperti dagu, hidung, dan dahi sementara di area lainnya tidak itu berarti kamu punya kulit kombinasi.

Cara satu ini sayangnya memiliki satu kekurangan, yaitu tidak bisa mengenali tipe kulit sensitif. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan jenis tes lainnya untuk mengetahui apakah kamu punya kulit sensitif atau tidak.

4. Pakai Tisu

Selain menggunakan kertas minyak, cara mengetahui jenis kulit selanjutnya, yaitu menggunakan tisu. Untuk melakukan cara ini, beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu mencuci wajah, kemudian keringkan dengan handuk secara perlahan. Setelah itu, diamkan kulit tanpa memakai produk apa pun selama sekitar 1 jam. 

Setelah itu, ambil tisu dan tekan di area wajah. Kemudian kamu bisa cek apakah ada minyak pada tisu atau tidak dengan mengenali ciri-cirinya sesuai dengan jenis kulit pada poin sebelumnya.

5. Mencubit Kulit Wajah

Cara terakhir untuk mengetahui jenis kulit adalah dengan mencubit kulit untuk memeriksa kekenyalan kulit wajah. Apabila ketika kulit dicubit dan tidak kembali seperti semula itu berarti kamu punya tipe kulit kering. 

Hal ini bisa terjadi karena kulit kekurangan minyak alami yang berguna dalam menjaga kulit agar tetap kenyal. Apabila kamu punya kulit yang berminyak dan normal, maka kulit akan kembali seperti sediakala setelah dicubit.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui jenis kulit wajah yang mudah sebelum kamu mencoba produk perawatan kulit yang ada. Setelah mengetahui jenis kulit wajah yang dimiliki, kamu bisa mencoba salah satu rangkaian produk perawatan kulit dari Skindoze di antaranya, yaitu HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser, DAILY SKIN PREP! Cooling Toner & Essence, GLOW GET IT! Brightening Serum, dan HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream

Semua produk Skindoze telah diformulasikan mengandung ekstrak sarang burung walet by Realfood, yang dapat membantu menutrisi kulit sehingga kulit tampak sehat. Di samping itu, produk Skindoze juga telah diformulasikan bebas kandungan iritatif seperti alkohol, pewangi, dan SLS (Sodium Lauryl Sulfate) sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk tipe kulit sensitif sekali pun.

Baca Juga: