Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Kulit Wajah Mengelupas? Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Kulit Wajah Mengelupas? Lakukan 6 Cara Ini untuk Mengatasinya!

Pada dasarnya pengelupasan yang terjadi pada kulit merupakan proses alami yang wajar terjadi. Kulit wajah mengelupas merupakan respons dari tubuh untuk membuang lapisan kulit mati di permukaan kulit.

Namun, kamu perlu berhati-hati apabila proses ini terjadi secara berlebihan atau bahkan disertai dengan gejala lain. Untuk itu, yuk kenali penyebab kulit wajah mengelupas dan bagaimana cara mengatasinya di artikel ini!

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Kulit yang mengelupas dapat terjadi tidak hanya pada kulit wajah saja, tapi juga bagian tubuh lain, misalnya kaki, tangan, dan bagian kuku. Lantas, apa penyebab kulit mengalami pengelupasan? 

Berikut ini beberapa faktor penyebab kulit mengelupas yang perlu kamu ketahui:

1. Terpapar Sinar Matahari Secara Berlebih

Sering berada di bawah sinar matahari atau terpapar matahari secara langsung? Jika jawabannya iya itu berarti sinar matahari menjadi penyebab kulit kamu sering mengelupas. 

Pasalnya kulit mengelupas bisa terjadi beberapa jam setelah kamu terkena paparan sinar matahari. Sebelum mengelupas, kulit biasanya akan terasa sakit yang disertai panas dan berwarna kemerahan. 

Namun beberapa hari setelah lapisan kulit mengelupas, kulit perlahan akan mulai sembuh dengan sendirinya. Walau begitu, pengelupasan ini bisa menjadikan warna kulit kamu menjadi tidak rata, bahkan tampak seperti memiliki pola. 

2. Kulit Dehidrasi dan Kering

Punya tipe kulit kering? Apabila iya, ini juga bisa menjadi penyebab kulit kamu sering mengelupas. 

Pasalnya kulit kering itu menandakan kulit kamu kekurangan produksi minyak alami. Ketika itu terjadi kulit yang kering akan mengalami pengelupasan. 

Ketika kulit kamu kering, hal itu juga menandakan sel-sel kulit tidak mampu menjaga lapisan pelindung kulit (skin barrier) sehingga kulit mengelupas dan mengalami iritasi. 

Kondisi ini bisa semakin parah jika kulit juga mengalami dehidrasi atau kelembapan alami kulit berkurang. Jika ini terjadi, kulit yang mengelupas bisa terasa gatal bahkan perih. 

3. Mengalami Reaksi Alergi

Kulit mengelupas bisa menjadi tanda kulit mengalami alergi akibat penggunaan skincare atau makeup. Selain itu, kulit alergi juga bisa terjadi karena ada zat pemicu alergi atau alergen yang bersentuhan dengan kulit. 

Tidak hanya mengalami pengelupasan pada kulit, alergi juga bisa menyebabkan kulit terasa gatal hingga muncul ruam-ruam.

4. Efek Samping Penggunaan Obat-obatan 

Menggunakan beberapa jenis obat tertentu seperti krim retinoid, AHA (Alpha Hydroxy Acid), asam glikolat, dan asam salisilat bisa menyebabkan kulit mengelupas. Selain itu, konsumsi obat seperti obat epilepsi, obat-obatan kemoterapi antibiotik, hingga obat penurun tekanan darah tertentu juga bisa menjadi penyebab kulit mengelupas. 

5. Treatment Peeling

Melakukan perawatan kulit seperti chemical peeling bisa menjadi penyebab kulit mengalami pengelupasan. Sebab treatment ini biasanya menggunakan beberapa kandungan aktif seperti AHA dan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang dapat menyebabkan kulit mengelupas sehingga sel-sel kulit mati terangkat setelahnya. 

6. Eksim (Dermatitis Atopik)

Penyebab selanjutnya kulit mengalami pengelupasan adalah kondisi kulit seperti eksim. Penyebab eksim sendiri belum diketahui secara pasti, namun sering dikaitkan dengan kulit kering akibat gangguan sistem imun, kondisi cuaca, faktor genetik, hingga terkena infeksi bakteri Staphylococcus aureus

Cara Mengatasi Kulit yang Mengelupas

Setelah mengetahui penyebab kulit mengelupas, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengelupasan kulit:

1.Gunakan Pelembap

Salah satu cara utama untuk mengatasi kulit kering yang mengelupas adalah penggunaan pelembap wajah. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan kelembapan pada kulit wajah. 

Untuk menggunakan pelembap wajah, sebaiknya carilah produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Selain itu, cari produk pelembap yang gentle di kulit seperti tidak mengandung parfum, paraben, dan alkohol, serta non-comedogenic seperti HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream

Pelembap ini telah diformulasikan mengandung ekstrak sarang burung walet by Realfood, rice bran extract, dan bisabolol yang dapat melembapkan kulit tanpa meninggalkan kesan lengket namun tetap memperbaiki warna kulit yang tidak merata. 

Selain itu, pelembap ini juga mampu mengunci kelembapan pada kulit hingga 24 jam. Dengan tekstur water cream, pelembap ini dapat menyerap dengan cepat pada kulit kamu. 

2. Pakai Sunscreen

Selain penggunana pelembap wajah, kamu juga perlu menggunakan tabir surya untuk mengatasi masalah kulit kering yang mengelupas ketika berada di luar ruangan. 

Hal ini penting dilakukan untuk membantu mencegah kulit mengalami kerusakan akibat paparan sinar matahari. Selain itu, penggunaan sunscreen juga bisa membantu mengurangi kerusakan atau pengelupasan kulit menjadi semakin parah.

3. Hindari Penggunaan Produk Tertentu

Ketika kulit mengalami pengelupasan yang cukup parah, sebaiknya hindari penggunaan produk perawatan kulit yang bisa memperburuk kondisi kulit kamu.  

Beberapa produk perawatan kulit yang perlu dihindari saat kulit mengelupas di antaranya, yaitu produk yang mengandung bahan aktif retinoid, AHA, BHA, dan benzoyl peroxide. Ketika kulit kamu sudah membaik atau tidak terasa kering, kamu bisa kembali menggunakan produk dengan kandungan tersebut. 

4. Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Cara selanjutnya untuk mengatasi kulit yang mengelupas adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh kamu. Pasalnya, kekurangan cairan pada tubuh bisa menyebabkan kulit kekurangan kelembapannya. 

Apabila kulit kekurangan kelembapan, maka kulit mudah kering dan mengelupas. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu bisa minum air putih sebanyak 2 liter per hari. Selain dari minuman, kamu bisa mendapatkan asupan cairan dari makanan yang mengandung air seperti semangka atau sayur bayam.

5. Gunakan Lidah Buaya

Untuk mengatasi kulit wajah mengelupas, kamu bisa menggunakan lidah buaya atau gel dari lidah buaya. Cukup oleskan gel atau bagian dalam tanaman lidah buaya ke kulit yang mengelupas atau kering. 

Setelah itu biarkan sampai malam. Lalu bersihkan ketika di pagi hari. Apabila cara ini menimbulkan reaksi alergi, sebaiknya hentikan penggunaan lidah buaya untuk kulit wajah.

6. Hindari Mandi atau Cuci Wajah Pakai Air Panas

Ketika kulit mengelupas, sebaiknya hindari cuci muka atau mandi menggunakan air panas. Hal ini bisa menyebabkan kulit yang kering dan mengelupas akan semakin parah. Selain itu, ketika mandi usahakan untuk mandi maksimal 10 menit dan jangan terlalu lama terpapar air. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit wajah mengelupas. Jika kondisi kulit kamu tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini bisa membantu kamu, ya!

Baca Juga: