Skip to main content
  • English
  • Indonesia

10 Cara Membuat Kulit Putih Cerah dan Sehat Secara Aman

10 Cara Membuat Kulit Putih Cerah dan Sehat Secara Aman

Kulit kusam menjadi salah satu masalah yang sering dialami hampir setiap orang. Hal tersebut terjadi akibat faktor penyebab yang beragam, mulai dari paparan sinar UV, stres, dan bertambahnya usia seseorang. Untuk mengatasi masalah kulit kusam dan menjadikan kulit tampak cerah dan sehat, yuk simak cara membuat kulit cerah yang aman di artikel ini!

Cara Aman Mendapatkan Kulit Cerah, Sehat dan Berkilau

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit cerah, sehat, dan bercahaya secara aman:

1. Tidur yang cukup

Masalah tidur jangan pernah dianggap remeh. Kurang tidur atau sering begadang dapat membuat kulit wajah tampak kusam. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi, bukan? 

Untuk mencegah masalah tersebut, kamu perlu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas karena tidur membantu melancarkan aliran darah sehingga kulit ternutrisi. 

Selain itu, tidur yang cukup membantu kulit mendapatkan kesempatan untuk memproduksi kolagen. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup, minimal tujuh jam setiap hari.

2. Melindungi kulit dari sinar UV

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit tampak kusam dan warna kulit tidak merata. Jika kamu menginginkan kulit yang cerah dan bercahaya, maka jangan biarkan kulit terlalu lama terpapar sinar matahari. 

Untuk melindungi kulit dari cahaya matahari, kamu bisa menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih setiap hari, baik saat di rumah atau akan keluar rumah. Gunakan sunscreen pada area wajah dan tubuh yang sering terkena paparan sinar UV.

3. Penuhi asupan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Pasalnya, air dapat menjaga kelembapan kulit dan jaringan kolagen. Kedua hal tersebut memainkan peranan penting untuk menjadikan kulit tampak bercahaya, kenyal, dan lembut. 

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, kamu bisa mendapatkan dari berbagai sumber seperti air, buah-buahan, dan sayuran. Perlu diingat, sebaiknya hindari konsumsi cairan yang mengandung alkohol karena minuman ini bersifat menarik air.

Selain itu, minum alkohol secara berlebihan juga dapat membuat kulit kusam, kering, dan kasar.

4. Konsumsi vitamin C

Cara menjadikan kulit tampak lebih cerah berikutnya adalah rutin mengonsumsi vitamin C. Kandungan satu ini telah terbukti dapat mencegah kerusakan kulit, menunda penuaan dini, dan meningkatkan produksi kolagen. 

Untuk mendapatkan asupan vitamin C, kamu bisa memperolehnya dengan cara konsumsi buah-buahan yang tinggi akan vitamin C seperti mangga, jeruk, pepaya, dan jambu biji.

5. Melakukan eksfoliasi

Salah satu cara mengatasi kulit kusam secara efektif adalah rutin melakukan eksfoliasi. Cara tersebut merupakan proses untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit.

Selain itu, cara ini juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah, mencegah penyumbatan di pori-pori, dan menyamarkan noda serta kerutan di wajah. Untuk melakukan eksfoliasi sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 2-3 kali seminggu sehingga masalah kulit kusam teratasi.

6. Mengelola stres

Selain berdampak buruk pada kesehatan jiwa, stres yang tidak dikelola dengan baik dapat menurunkan kesehatan kulit hingga menjadikan tampilan kulit lebih kusam. Untuk itu, cobalah kelola stres yang kamu rasakan. 

Beberapa cara yang bisa membantu mengatasi stres, yaitu bermeditasi, curhat kepada orang yang dipercaya, hingga melakukan hobi yang disukai.

7. Olahraga secara rutin

Rutin berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk membuat kulit tampak bercahaya. Hal tersebut terjadi karena olahraga membantu meningkatkan kemampuan jantung dalam memompa darah, sehingga jaringan kulit akan menerima asupan nutrisi dan oksigen lebih baik. Dengan begitu, kulit akan lebih sehat dan bercahaya. 

8. Konsumsi makanan kaya vitamin

Selain menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, mengonsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan vitamin dan sumber antioksidan dapat membantu kulit dalam menangkal radikal bebas, memproduksi kolagen, hingga mempertahankan bentuk dan fungsinya. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan kulit. Beberapa contoh makanan terbaik untuk kulit, yaitu sayuran hijau, kacang almond, wortel, tomat, dan lainnya.

9. Hindari rokok

Kebiasaan merokok tidak hanya berisiko untuk kesehatan tubuh, tapi juga dapat membahayakan kesehatan kulit. Bahaya merokok untuk kulit, yaitu menjadikan kulit kusam, muncul tanda-tanda penuaan dini, dan timbulnya bintik-bintik hitam akibat produksi melanin di kulit. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya hindari atau coba berhenti merokok.

10. Pakai skincare untuk mencerahkan wajah

Melakukan perawatan kulit dapat membantu menjadikan kulit lebih cerah, sehat, dan terasa kenyal. Ketika mulai menggunakan skincare, carilah produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit, misalnya serum untuk mencerahkan wajah.

Serum merupakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif dengan konsentrasi tinggi dan langsung menargetkan masalah kulit tertentu. Contohnya kandungan niacinamide 6% untuk mencerahkan kulit wajah yang terdapat dalam GLOW GET IT! Brightening Serum.

Selain mencerahkan wajah, serum ini juga dapat membantu melembapkan kulit wajah berkat kandungan hyaluronic acid. Serum ini sudah diuji oleh dermatologis dan mendapatkan sertifikasi halal dan BPOM sehingga aman untuk semua tipe kulit, termasuk kulit sensitif. 

Tidak hanya itu, GLOW GET IT! Brightening Serum juga aman digunakan untuk wanita hamil dan menyusui karena formulanya bebas paraben, alkohol, SLS, dan fragrance, serta non-comedogenic.

Nah, itulah sepuluh cara untuk membuat kulit cerah, bercahaya, dan tampak lebih sehat yang bisa kamu coba. Jika kamu tertarik melakukan cara di atas atau mendapatkan GLOW GET IT! Brightening Serum, kamu bisa pesan di sini.

Artikel Terkait Lainnya: