Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Pemula Wajib Tahu! Inilah Basic Skincare yang Tidak Boleh Dilewatkan

Pemula Wajib Tahu! Inilah Basic Skincare yang Tidak Boleh Dilewatkan

Bagi pemula yang baru mencoba menggunakan skincare, memiliki basic skincare yang tepat sangatlah penting untuk mendapatkan kulit sehat dan sesuai dengan yang kamu inginkan. Untuk itu, sebelum kamu mencoba berbagai jenis produk perawatan kulit yang ada, kamu perlu memiliki dan memahami apa itu basic skincare, serta produk yang wajib ada dalam basic skincare. Yuk, simak pembahasan lengkap di artikel ini! 

Apa itu Basic Skincare?

Basic skincare adalah rangkaian perawatan wajah paling mendasar dan wajib ada untuk merawat sekaligus memenuhi kebutuhan kulit wajah kamu. Untuk pemula, sebaiknya kamu menggunakan basic skincare yang tepat sebelum kemudian mencoba berbagai produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit kamu.

Produk Basic Skincare untuk Pemula

Setelah memahami apa itu basic skincare, berikut ini produk-produk basic skincare yang wajib ada dalam rangkaian perawatan kulit kamu:

1. Cleansing

Produk basic skincare pertama yang wajib ada adalah pembersih wajah. Pada tahap cleansing, sebelum menggunakan produk perawatan kulit seperti toner, serum, dan lainnya, kamu perlu menggunakan facial wash atau cleanser

Hal ini bertujuan untuk membersihkan kulit wajah dari debu, kotoran, sebum (minyak) berlebih, dan sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit. 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya kamu juga gunakan metode double cleansing, apalagi saat membersihkan wajah di malam hari. Metode double cleansing ini dilakukan dengan dua jenis pembersih yang berbeda. 

Pada tahap pertama, sebaiknya kamu menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak atau oil based seperti cleansing balm atau cleansing oil. Setelah membersihkan wajah di tahap pertama, kamu bisa lanjut mencuci wajah dengan facial foam atau facial wash

Tahap kedua ini ditujukan untuk membersihkan kotoran, debu, sel-sel kulit mati, sekaligus sisa make-up yang belum terangkat sepenuhnya pada tahap pertama. Tidak hanya itu, tahap kedua double cleansing ini juga dapat membantu mengangkat residu dari produk sebelumnya.

Untuk tahap cleansing, carilah produk pembersih yang lembut dan tidak membuat kulit kamu terasa kencang, kering, atau ketarik. Salah satu produk pembersih wajah yang lembut, namun tetap membersihkan di kulit wajah yang bisa kamu coba adalah HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser

Pembersih wajah ini mengandung ekstrak sarang burung walet dan diformulasikan bebas kandungan Sodium Lauryl Sulfate (SLS), bebas pewangi, paraben, dan alkohol, serta non-comedogenic sehingga tidak memicu timbulnya komedo di wajah. 

2. Toning

Setelah cleansing, produk basic skincare selanjutnya yang wajib ada, yaitu toner. Fungsi toner di sini adalah menyeimbangkan kadar pH kulit setelah membersihkan wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan metode double toning

Pada tahap pertama, kamu bisa menggunakan produk exfoliating toner untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Setelah itu, lanjut dengan penggunaan produk hydrating toner untuk menjaga hidrasi dan kelembapan kulit, serta elastisitas kulit wajah.

3. Moisturizing

Menjaga kelembapan kulit sangatlah penting agar kulit tetap sehat, terhidrasi, dan terasa kenyal. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak melewatkan tahap moisturizing, baik pagi atau malam hari. Bagi pemilik kulit berminyak, penggunaan pelembap wajah juga tetap penting dan sebaiknya tidak kamu lewatkan. 

Agar kulit tidak terasa lengket dan berat saat penggunaan moisturizer, sebaiknya pilihlah produk pelembap yang ringan dan mudah meresap di kulit, serta tidak menyebabkan peeling di bawah riasan wajah. Salah satu pelembap wajah yang bisa kamu gunakan tanpa meninggalkan kesan lengket dan berat adalah HI MOISTURE! Silky Smooth Water Cream

Sesuai namanya, pelembap ini memiliki tekstur water cream yang ringan, mudah, dan cepat merasa di kulit wajah tanpa meninggalkan kesan greasy setelah pemakaian. Namun, tetap memberikan kelembapan hingga 24 jam dan bisa memperbaiki kulit yang tidak merata. 

Selain itu, pelembap ini juga telah terbukti aman dan bebas kandungan berbahaya sekaligus bahan-bahan yang bisa memicu iritasi pada kulit seperti pewangi, alkohol. dan paraben. 

4. Protecting

Melindungi kulit wajah dari sinar UVA dan UVB bisa membantu menjaga kesehatan kulit kamu sekaligus mencegah tanda-tanda penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Untuk itu, kamu wajib menggunakan sunscreen agar kulit mendapatkan perlindungan terbaik dari efek negatif sinar matahari. 

Ketika menggunakan sunscreen atau tabir surya, sebaiknya cari produk yang memiliki minimal SPF 30 sehingga membantu menghalangi sinar UVB hingga 97%. Selain itu, carilah angka SPF yang lebih tinggi untuk membantu memblokir sinar UVB meski tidak bisa memblokir 100% sinar UVB. 

Untuk penggunaan sunscreen, sebaiknya oleskan 15 menit sebelum kamu pergi atau keluar ruangan. Kemudian setiap 2 jam sekali atau setelah kamu berenang, aplikasikan kembali tabir surya agar kulit wajah kamu tetap terlindungi.

Nah, itulah produk basic skincare yang sebaiknya kamu miliki, terutama bagi pemula sebelum mencoba berbagai produk perawatan kulit lainnya. Setelah kamu punya basic skincare yang sesuai dan cocok dengan kulit wajah kamu, selanjutnya kamu bisa mencoba berbagai jenis produk skincare lainnya.

Baca Juga: