Skip to main content
  • English
  • Indonesia

Inilah Cara Menghilangkan dan Mencegah Blackhead yang Tepat

Inilah Cara Menghilangkan dan Mencegah Blackhead yang Tepat

Komedo hitam (blackhead) biasa tidak menimbulkan nyeri seperti jerawat. Namun, tonjolan kecil berwarna gelap yang terlihat di permukaan kulit ini bisa mengganggu penampilan wajah. Apabila kamu terganggu dan ingin mengatasinya, yuk simak pembahasan mengenai cara menghilangkan blackhead di artikel ini!

Penyebab Timbul Blackhead (Komedo Hitam)

Pada dasarnya, penyebab timbul komedo hitam itu sama dengan penyebab jerawat, yaitu terdapat sumbatan kantong kelenjar (folikel) rambut di kulit karena adanya penumpukan sel kulit mati serta minyak berlebih.

Apabila produksi minyak berlebih kemudian sel kulit mati menumpuk bergabung menjadi satu, maka keduanya bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Nah, sumbatan inilah yang kemudian menimbulkan tonjolan pada permukaan kulit yang berwarna hitam akibat terkena paparan udara di sekitarnya.

Kenali Cara Mengatasi Blackhead di Wajah 

Untuk menghilangkan komedo hitam di permukaan kulit, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Pakai Produk dengan Kandungan Salicylic Acid

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi komedo hitam adalah menggunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid (asam salisilat). Bahan aktif satu ini mampu membersihkan minyak (sebum) berlebih dan membersihkan sel kulit mati agar komedo hitam lebih mudah teratasi.

2. Gunakan Krim yang Mengandung Retinoid

Selain penggunaan skincare yang mengandung asam salisilat, kandungan lain yang bisa mengatasi masalah komedo hitam adalah retinoid. Kandungan satu ini terbuat dari vitamin A yang bisa membuka pori-pori di wajah serta meregenerasi kulit wajah. 

Oleh karena itu, lotion atau krim retinoid sering menjadi pilihan untuk menghilangkan blackhead baik dengan resep atau tanpa resep dokter. 

Namun perlu kamu ingat, penggunaan krim atau lotion yang mengandung retinoid tidak boleh digunakan bersamaan dengan salicylic acid karena kedua bahan aktif ini memiliki kegunaan yang serupa. Selain itu, jika digabungkan bisa menyebabkan kulit kamu rentan iritasi.  

Perlu kamu ketahui juga, penggunaan retinoid juga bisa menyebabkan kulit lebih sensitif di bawah sinar UV. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu menggunakan krim retinoid di malam hari sebelum tidur atau ikuti anjuran dokter.

3. Chemical Peeling

Apabila komedo kamu sulit diatasi, kamu bisa mencoba perawatan kulit menggunakan bahan kimia (chemical peeling). Dalam perawatan kulit satu ini, beberapa bahan kimia yang digunakan di antaranya, yaitu asam retinoat, asam salisilat, atau asam glikolat. 

Chemical peeling dapat membantu mengangkat sumbatan sekaligus membuang sel kulit mati yang bisa menjadi penyebab blackhead. Metode ini dapat membuat kulit wajah kamu mengelupas. Setelah itu, kulit akan mengalami regenerasi sehingga kulit lebih terasa halus dan lembut setelah, serta tampak lebih cerah.

Tips Mencegah Komedo Hitam

Selain mengenali cara menghilangkan blackhead, kamu juga perlu mengetahui cara mencegahnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah komedo agar tidak muncul lagi:

1. Cuci Wajah Secara Teratur

Mencuci wajah dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah timbul komedo hitam. Pasalnya mencuci wajah tidak hanya membersihkan dari debu dan kotoran saja, tapi juga mengangkat sebum yang menumpuk di wajah Anda. Dengan begitu, minyak berlebih yang bisa menyumbat pori-pori kamu bisa berkurang.

Ketika mencuci wajah, pastikan kamu menggunakan produk pembersih yang aman dan gentle untuk kulit wajah, seperti HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser

Pembersih wajah ini diformulasikan tanpa mengandung SLS (Sodium Lauryl Sulfate), bebas pewangi, paraben, dan alkohol. Selain itu, non-comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah yang dapat menyebabkan timbulnya komedo di wajah.

2. Tidak Memencet Blackhead

Apakah kamu punya kebiasaan memencet komedo hitam? Jika iya, sebaiknya hentikan kebiasaan satu ini! Mungkin kamu mengira dengan memencet komedo hitam, maka masalahnya akan hilang. 

Namun hal itu justru keliru. Bukannya sembuh, kulit wajah kamu malah iritasi. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya hentikan kebiasaan memencet komedo. 

3. Mencoba Garam Laut

Untuk menghindari kebiasaan memencet komedo di wajah, kamu bisa menggunakan bahan alami seperti garam laut untuk mengatasi komedo. Selain menjadi zat anti-bakteri, garam laut juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi masalah komedo di wajah baik di dahi, hidung, dan dagu secara alami. 

Untuk melakukannya, kamu cukup campurkan garam laut dengan sedikit air dan beberapa tetes air lemon. Setelah itu, usapkan pada bagian yang terkena komedo.

4. Menjalani Pola Hidup Sehat

Tips mencegah komedo hitam selanjutnya adalah menerapkan pola hidup yang sehat. Selain menjaga kesehatan tubuh kamu, memiliki pola hidup sehat juga dapat memelihara kesehatan kulit secara menyeluruh. 

Untuk menjalani pola hidup sehat, kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti tidur yang cukup, rajin berolahraga, perbanyak konsumsi air mineral, hingga mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi komedo hitam hingga tips untuk mencegahnya. Apabila komedo hitam sudah mengganggu dan terlalu banyak, sebaiknya temui dan konsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Baca Juga: