Skip to main content
  • English
  • Indonesia

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung dan Wajah yang Tepat dan Aman

5 Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung dan Wajah yang Tepat dan Aman

Bintik-bintik kecil atau biasa dikenal dengan nama bruntusan merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi, terutama di bagian hidung. Timbul bruntusan menyebabkan tekstur kulit atau hidung menjadi tidak rata dan kasar. 

Masalah kulit satu ini apabila tidak diatasi bisa mengganggu penampilan wajah, bahkan mengurangi rasa tidak percaya diri seseorang. Untuk mengatasinya, yuk simak pembahasan mengenai cara menghilangkan bruntusan di wajah khususnya bagian hidung di artikel ini!

Penyebab Timbul Bruntusan

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bruntusan, sebaiknya kamu mengenali lebih dulu penyebab timbul masalah bruntusan di wajah. Secara umum terdapat beberapa kondisi tertentu yang menjadi dasar penyebab wajah bisa bruntusan, di antaranya adalah milia, komedo, dan keratosis pilaris.

Milia sendiri bisa timbul akibat ada penumpukan keratin (sel kulit mati) di bawah permukaan kulit. Sedangkan komedo terjadi karena pori-pori tersumbat. Sementara keratosis pilaris muncul akibat adanya keratin yang terjebak di pori-pori wajah.

Nah, semua hal itu bisa muncul karena beberapa faktor penyebab. Berikut ini faktor penyebab timbul masalah bintik-bintik kecil atau bruntusan di wajah, khususnya area hidung:

  • Stres berlebih
  • Polusi udara
  • Terdapat perubahan hormon
  • Produksi sebum (minyak) berlebih
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kurang menjaga kebersihan wajah
  • Kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor
  • Iritasi akibat penggunaan produk perawatan kulit atau makeup yang tidak sesuai 

Cara Menghilangkan Bruntusan di Area Wajah dan Hidung

Setelah mengetahui penyebab munculnya bruntusan di wajah. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah bruntusan di wajah, terutama di area hidung:

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

Kurang menjaga kebersihan wajah atau tidak membersihkan wajah dengan tepat merupakan salah satu penyebab timbul bruntusan di wajah. Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkan wajah secara rutin dan tepat. 

Agar mendapatkan kulit wajah yang bersih, pastikan kamu membersihkan wajah dua kali sehari, yaitu saat pagi dan malam hari. Selain itu, lakukan juga metode double cleansing untuk memastikan wajah bersih secara menyeluruh. 

Untuk melakukan metode ini, ada dua cara yang perlu kamu lakukan, yaitu menggunakan pembersih berbahan dasar minyak seperti cleansing balm atau facial oil. Tujuan membersihkan wajah pada tahap pertama adalah membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, hingga make up di wajah. 

Kemudian lanjut ke tahap kedua, yaitu menggunakan sabun cuci muka yang gentle untuk memastikan tidak ada residu dan kulit benar-benar bersih. Untuk membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan sabun cuci muka yang lembut seperti HYDRATE AWAY! Mild Microfoam Cleanser

Pembersih wajah ini diformulasikan tanpa menggunakan SLS (Sodium Lauryl Sulfate) sehingga mampu membersihkan wajah tanpa meninggalkan kesan kesat atau ketarik. 

Selain itu, pembersih wajah ini juga dilengkapi dengan kandungan ekstrak sarang burung walet by Realfood, niacinamide, dan empat jenis hyaluronic acid. Dengan begitu, kulit tidak hanya bersih tapi juga tampak cerah, bersih, dan lembut setelahnya.

2. Melakukan Eksfoliasi Kulit

Perawatan wajah satu ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di lapisan kulit wajah. Pasalnya sel kulit mati yang tidak terangkat dengan baik bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbul bruntusan di wajah. 

Untuk mengatasi itu, kamu bisa melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit dengan dua cara, yaitu secara fisik dan kimiawi. Untuk proses eksfoliasi secara fisik, kamu bisa menggunakan produk yang mengandung butiran-butiran scrub

Sementara pengelupasan kulit secara kimiawi bisa menggunakan skincare yang mengandung bahan kimia bersifat exfoliate seperti salicylic acid dan glycolic acid. 

3. Hentikan atau Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Cara menghilangkan bruntusan selanjutnya adalah hentikan atau hindari kebiasaan memegang wajah. Mengapa demikian? Karena tangan dapat menjadi sumber penyebaran bakteri, virus, hingga kotoran yang dapat menyebabkan pori-pori wajah tersumbat atau iritasi. 

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kamu tidak menyentuh wajah dengan tangan, kecuali ketika kamu hendak menggunakan produk perawatan kulit.

4. Gunakan Moisturizer 

Selain membersihkan wajah, pastikan kamu mengoleskan pelembap wajah setelahnya. Penggunaan moisturizer dapat membantu kulit lebih lembap dan terjaga hidrasinya. Selain itu, pelembap wajah juga dapat membantu mengunci kelembapan wajah dan mengurangi masalah bruntusan di wajah.

5. Pakai Retinoid

Retinoid merupakan senyawa yang dapat merangsang produksi kolagen di wajah. Penggunaan retinoid juga dapat membantu menghilangkan masalah bruntusan di hidung. 

Selain itu, retinoid juga dapat membantu mempercepat pergantian sel kulit, mengurangi keratin yang tersumbat di kulit, dan mengangkat komedo. Untuk itu, kamu bisa mengoleskan produk retinoid berupa krim, serum, atau salep pada bagian kulit atau hidung yang bruntusan di malam hari.

Perlu kamu ingat, penggunaan retinoid sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan produk eksfoliasi atau yang mengandung benzoil peroksida. Hal ini bertujuan untuk menghindari efek samping seperti iritasi berlebih pada kulit. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bruntusan di wajah yang aman dan tepat. Selain cara di atas, pastikan juga kamu perbanyak istirahat demi menjaga kesehatan kulit wajah. Kemudian kurangi stres berlebih, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, serta minum air putih yang cukup setiap harinya. 

Apabila cara tersebut masih belum mampu mengatasi masalah bruntusan yang ada, sebaiknya kamu segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan dan saran yang tepat.

Baca Juga: